Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi ditunjuk menjadi tuan rumah acara peringatan Hari Pramuka Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, yang melibatkan lebih dari 40.000 anggota Pramuka dari 27 kabupaten dan kota.

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bekasi Yana Suyatna mengatakan, acara peringatan Hari Pramuka Tingkat Provinsi Jawa Barat rencananya diselenggarakan pada 30 Agustus 2023 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

"Ini merupakan suatu kebanggaan namun juga sekaligus tantangan, karena membutuhkan persiapan yang matang sebagai tuan rumah," katanya di Cikarang, Jumat.

Baca juga: 3.500 bendera semafor kepung Bumi Perkemahan Bekasi untuk pecahkan rekor MURI

Dia mengatakan bahwa kwartir cabang sedang mempersiapkan rencana pelaksanaan acara, termasuk pengaturan peserta acara di stadion.

"Kami sedang mengupayakan skema alternatif seperti apa agar rumput tidak terinjak ataupun metode khusus menginjak rumput agar tidak rusak, tentu dengan biaya yang harus dikeluarkan," katanya.

Pada acara peringatan Hari Pramuka 2023, menurut dia, juga akan dilakukan pelepasan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil selaku Ketua Majelis Pembina Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat.

"Kita lepas di Kabupaten Bekasi. Jadi, 30 Agustus itu kita melepas Beliau," katanya.

Baca juga: Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI di Bekasi terapkan protokol kesehatan

"Dan kita maksimalkan untuk beberapa rangkaian kegiatan, baik itu upacara maupun gebyar. Ada beberapa penampilan sekaligus beberapa rekor MURI yang akan kita pecahkan," ia menambahkan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengemukakan bahwa peringatan Hari Pramuka mengingatkan kembali pada sejarah perkemahan nasional, yang pertama kali dilaksanakan tahun 1964 di wilayah Bekasi.

"Dari sejarah yang saya baca, perkemahan nasional pertama dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bekasi. Mungkin sudah mulai dilupakan generasi sekarang. Jadi, untuk kalian yang akan mengikuti Raimuna Nasional bisa diceritakan kepada daerah lain," katanya.

Baca juga: Disematkan Gubernur Jabar, Bima Arya raih lencana Darma Bakti

Menurut informasi yang disiarkan di situs web Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta, kegiatan Perkemahan Satya Dharma yang diikuti oleh sekitar 2.400 anggota Pramuka dari berbagai daerah dilaksanakan di Bekasi dari 1 Juli sampai 6 Agustus 1964.

Dani menyampaikan bahwa monumen perkemahan nasional pertama masih ada di Tugu Kitri, Desa Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan.

"Tugunya masih ada, Tugu Kitri di Desa Setiadarma. Karena waktu itu nama perkemahan Satya Dharma sehingga kemudian diabadikan menjadi nama desa itu," kata dia.

Gerakan Pramuka di Indonesia diresmikan pada 14 Agustus 1961 dan pemerintah menetapkan tanggal 14 Agustus sebagai Hari Pramuka.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023