Meskipun masih nomor dua popularitasnya dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Berasal dari sumber yang berbeda, keduanya memiliki kandungan yang berbeda pula.

Susu kambing nyatanya memiliki nutrisi yang lebih bergizi dibandingkan dengan susu sapi, termasuk susu kambing etawa yang merupakan hasil persilangan kambing ras India dengan ras kambing lokal, demikian siaran pers SyamFarm, Rabu.

Sebagai penghasil susu kambing, setiap harinya kambing etawa dapat memproduksi kurang lebih 2-3 liter susu.

Susu kambing etawa memiliki ciri khas rasa yang lebih gurih jika dibandingkan dengan susu lainnya.

Selain karena rasanya yang gurih dan unik, susu kambing etawa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizinya lebih bagus dibanding susu lain, bahkan hampir setara dengan ASI sehingga bisa menjadi obat alami alternatif.

Susu kambing etawa memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi alternatif yang menarik untuk dikonsumsi. Pertama, susu kambing etawa mudah dicerna karena partikel lemaknya lebih kecil dibandingkan dengan susu sapi.

Selain itu, susu kambing etawa mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, seperti protein, kalsium, fosfor, dan vitamin. Susu kambing etawa juga mengandung asam lemak tak jenuh yang sehat dan rendah kandungan kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung.

Susu kambing etawa juga memiliki rasa yang lezat dan creamy, sehingga cocok untuk dijadikan bahan baku makanan dan minuman seperti kue, roti, es krim, dan lain sebagainya.

Karena keunggulan-keunggulannya ini, susu kambing etawa dapat menjadi pilihan yang sehat dan lezat bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan nutrisi dan merawat kesehatannya.

Salah satu peternakan yang memproduksi susu kambing etawa adalah Ternak Syams atau SyamsFarm.

Ternak Syams merupakan peternak lokal yang memproduksi bahan baku yang diolah secara langsung dari peternakan sendiri. Ternak Syams mengolah produk dari bahan mentah menjadi bahan yang siap untuk dikonsumsi hingga didistribusikan ke berbagai kota.

Ternak Syams mengolah Kambing Etawa Pegunungan dengan proses perah yang modern dan ramah lingkungan sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat SyamsFarm Susu Kambing Etawa Original

-Mengobati jerawat

Susu kambing etawa kaya akan kandungan asam lemak dan protein yang dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri dan kotoran yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

-Melancarkan sistem pencernaan
Susu kambing etawa mengandung enzim-enzim pencernaan yang membantu mengurai makanan dalam saluran pencernaan sehingga mempercepat proses pencernaan.

-Mencerahkan kulit

Kandungan asam laktat pada susu kambing etawa dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

-Meningkatkan kekebalan tubuh pada anak

Susu kambing etawa mengandung protein, asam amino, mineral, dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak-anak dalam meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

-Menjaga sel dalam tubuh

Kandungan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) pada susu kambing etawa dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

-Mencegah stres dan penyakit saraf

Susu kambing etawa mengandung asam amino L-triptofan yang diperlukan oleh tubuh untuk produksi serotonin, yaitu neurotransmitter yang berperan dalam mengatur mood dan memperbaiki kualitas tidur.

-Membantu masalah pernapasan

Manfaat yang paling dikenal dari susu ini adalah dampak baiknya terhadap sistem pernapasan.

Kandungan dalam susu kambing etawa juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pernapasan, seperti pemulihan asma.

Dunia pengobatan alternatif menganjurkan konsumsi rutin susu kambing etawa untuk mencegah serta mengobati gangguan pernapasan. Bahkan bisa mengobati penyakit sekelas tuberkulosis (TBC), asma, hinga flek paru-paru. Ini berkat kandungan flourin dan betakasein yang terdapat dalam susu kambing etawa.

-Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang tinggi membuat susu kambing etawa dapat memenuhi nutrisi untuk tulang. Bahkan, kandungan kalsium dalam susu ini dapat memenuhi 33 persen angka kebutuhan gizi harian, sedangkan susu sapi hanya 28 persen.

Sehingga, susu kambing etawa juga dipercaya dapat mengatasi nyeri sendi.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023