Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi, Jawa Barat menggelar sosialisasi anti narkoba dengan tema "Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2023" kepada para pelajar di kantor PGRI Kecamatan Kedungwaringin.

"Sosialisasi ini diinisiasi Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Kedungwaringin sekaligus memperingati Hari Lahir Satu Abad Nahdlatul Ulama dan Semarak Muharram 1445 Hijriah," kata Ketua Bidang Penyuluhan BNK Bekasi Jumarwan di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan sosialisasi ini dalam rangka memberikan pengenalan dan pemahaman tentang bahaya narkotika dengan tujuan sebagai upaya pencegahan tentang penyalahgunaan narkoba terhadap generasi penerus bangsa.

"Kita berharap para pelajar ini bisa menyampaikan pesan-pesan tentang bahaya narkoba di lingkungan sekolah masing-masing. Harapannya agar penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bekasi dapat terus berkurang," katanya.

Baca juga: BNK Bekasi siap transformasi menuju BNNK Bekasi

Jumarwan menyebutkan dampak negatif penyalahgunaan narkoba antara lain gangguan mental, psikosis, depresi, hingga gangguan jiwa bahkan sampai kehilangan nyawa.

"Biasanya penyalahguna narkoba itu tidak menghargai orang lain, berkurang daya ingat, dan gerak melambat karena semua itu pengaruh dan fungsi dari otak," ucapnya.

Dirinya optimistis sosialisasi ini mampu meningkatkan motivasi generasi penerus bangsa khususnya kalangan pelajar agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Karena generasi muda merupakan harapan bangsa di masa depan.

"Yang kita sampaikan itu bukan hanya tentang bahaya penyalahgunaan dan jenis-jenis dari narkoba saja tapi kita juga memberikan motivasi kepada pelajar. Banyak pecandu itu tidak punya cita-cita, makanya kita motivasi bagaimana anak-anak sejak sekolah bisa menentukan cita-citanya seperti apa. Karena orang yang tidak punya cita-cita rentan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba," katanya.

Baca juga: BNK Bekasi gelar sosialisasi pencegahan narkoba

Plt Camat Kedungwaringin Ratna Jatnika mengapresiasi kegiatan sosialisasi Badan Narkotika Kabupaten Bekasi sebagai upaya positif dalam memberikan pengenalan dan pemahaman tentang bahaya narkoba terhadap pelajar.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pelajar di Kabupaten Bekasi. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat mengedukasi serta memberikan manfaat positif bagi para pelajar agar terhindar dari narkoba," ucapnya.

Dia menghimbau kepada segenap masyarakat terutama kalangan pelajar agar selalu mengisi kegiatan dengan hal yang bermanfaat dan positif agar terhindar dari narkoba. Kemudian menolak ajakan menggunakan narkoba dengan berani mengatakan tidak pada narkoba.

Baca juga: BNK Bekasi intensif mencegah penyalahgunaan narkoba

Sementara itu, Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kecamatan Kedungwaringin Muhammad Farid Nur Faqih mengatakan dengan diadakan sosialisasi ini generasi muda semakin paham dan sadar akan bahaya narkoba sekaligus memiliki kontrol diri yang kuat supaya tidak terbawa arus.

"Harapan saya sendiri, semoga ke depan anak muda bersih dari narkoba. Dan jangan ada narkoba di antara kita," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023