Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali mengingatkan kepada jajarannya dan seluruh stakeholder terkait di sektor penerbangan bahwa aspek keselamatan ialah yang paling utama, harga mati dan tidak bisa ditawar lagi.

"Dalam dunia penerbangan, safety (keselamatan) harus dipegang dan dilaksanakan dengan baik. Dengan kata lain "harga mati" untuk safety," kata Menhub dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakannya saat rapat koordinasi teknis (rakornis) 2023 yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub bertema "Bangkit Maju Bersama dalam Optimalisasi Penyelenggaraan Transportasi Udara yang Berkelanjutan" pada 20-22 Juli 2023 di Jakarta.

Selain itu, Menhub juga berpesan terkait dengan integritas yang harus dijaga oleh jajaran Kemenhub dalam melaksanakan tugasnya. Dengan demikian, sektor perhubungan akan memiliki tata kelola pemerintahan yang baik sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Baca juga: Menhub: Bandara Kertajati semakin aktif melayani penerbangan kargo

"Integritas sebagai ASN menjadi keharusan dan hindari gratifikasi," ucap Menhub.

Lebih lanjut, Menhub juga mengajak seluruh penyelenggara transportasi udara, baik itu regulator, operator hingga seluruh stakeholder untuk dapat bersinergi  guna meningkatkan konektivitas udara dan pelayanan jasa transportasi udara, di tengah membaiknya kondisi penerbangan usai terdampak pandemi COVID-19.

"Dengan sinergi yang baik dan peran aktif dari regulator dan stakeholder, baik pemda maupun pengusaha, diharapkan operasional penerbangan terus meningkat dan akan menumbuhkan kembali dunia usaha dan pariwisata," katanya.

Ia menjelaskan untuk menghubungkan wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan, diperlukan peningkatan konektivitas melalui optimalisasi rute dan jaringan angkutan udara.

Hal itu dilakukan melalui dukungan dan ketersediaan operator penerbangan, ketersediaan antar moda, dan peran aktif penyelenggara Bandara yang bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, para pengusaha, dan stakeholder terkait.

Baca juga: Menhub: Pebisnis bisa gunakan penerbangan komersial

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023