Sukabumi (Antara Megapolitan) - "Speed boat" (kapal cepat) milik Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, tenggelam di Dermaga II Palabuhanratu.

"Kami baru mengetahui perahu tenggelam pada pukul 10.00 WIB yang tengah bersandar di Dermaga II Palabuhanratu," kata Ketua FKSD Kabupaten Sukabumi Okih Fajri di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, perahu yang berbahan fiber yang dilengkapi oleh mesin boat tempel 40 PK tersebut merupakan salah satu fasilitas utama operasi kemanusiaan. Perahu tersebut merupakan fasilitas pinjam pakai dari Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi sejak 2010.

Tenggelamnya perahu tersebut diduga karena hujan deras yang mengguyur Palabuhanratu sejak beberapa hari terakhir ini, sehingga badan perahu itu terendam oleh air hujan ada akhirnya tenggelam.

Untuk saat ini bangkai perahu tersebut sudah dievakuasi ke darat dan akan kembali diperbaiki karena, jika harus membeli yang baru pihaknya tidak mempunyai dana, sehingga satu-satunya jalan dengan cara diperbaiki.

"Keberadaan perahu ini sangat vital bagi kami karena sebagai alat untuk membantu maupun mencari korban kecelakaan laut seperti tenggelam. Sehingga, jika fasilitas tersebut tenggelam sudah dipastikan operasi kemanusian akan terhambat," tambahnya.

Okih berharap ada bantuan fasilitas lainnya baik dari Pemkab Sukabumi maupun pemerintah di atasnya untuk melakukan operasi kemanusiaan. Karena selama ini, dalam melakukan pencarian dan penyalamatan korban kecelakaan laut, timnya hanya menggunakan alat seadanya yang bisa saja saat bertugas mencelakai petugas SAR.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016