Bogor (Antara Megapolitan) - Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Bogor, Jawa Barat, menargetkan hingga akhir Desember 2016 dapat mencapai jumlah anggota perpustakaan 1.000 orang/pihak.

"Sampai saat ini, anggota perpustakaan baru 400, kami mendorong minat warga mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan, hingga akhir Desember 2016 ini mencapai 1.000," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah, Encep Ali Moh Alhamidi dalam kegiatan forum diskusi grup di Perpustakaan di Bogor, Rabu.

Encep menyebutkan, Perpustakaan Daerah Kota Bogor telah beroperasi sejak 1972 dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor 1192/2472. Terletak di area komplek GOR Padjajaran, Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal.

Menurutnya, rendahnya jumlah keanggotaan perpustaan daerah dikarenakan kurangnya promosi terkait keberadaan perpustakaan tersebut. Rata-rata kunjungan per hari kurang dari 100 orang, di dominasi pelajar, mahasiswa dan hanya beberapa pengunjung umum. Catatan kunjungan tertinggi sebanyak 61 orang pada tanggal 18 Oktober 2016.

"Kami optimistis target 600 lagi anggota baru sampai akhir Desember 2016 dapat terwujud," kata Encep.

Ia mengatakan, saat ini Perpustakaan Daerah Kota Bogor memiliki koleksi bahan pustaka sebanyak 33.568 judul dengan jumlah total 67.636 eksemplar. Selain bacaan umum, perpustakaan juga menyediakan koleksi buku referensi, bacaan anak, CD pengetahuan, puzzle dan komputer untuk melengkapi informasi yang terbaru.

"Kami memiliki layanan sistem terbuka, pengguna dapat langsung menelusuri koleksi di rak, petugas perpustakaan siap membantu apabila mengalami kesulitan dalam mencari dan memanfaatkan sumber dan fasilitas perpustakaan," katanya.

Layanan Perpustakaan Daerah Kota Bogor beroperasi setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00 sampai 15.30 WIB, dan Sabtu dari pukul 08.30 sampai 12.30 WIB.

"Kami juga menyediakan layanan enam mobil perpustakaan keliling yang setiap hari melayani tiga sekolah, karena hanya tiga mobil yang dioperasikan, terkendala jumlah supir," katanya.

Encep mengatakan, pihaknya terus mendorong agar kepersertaan perpustakaan daerah Kota Bogor terus bertambah setiap tahunnya dengan menggelar berbagai kegiatan literasi yang mendorong minat masyarakat membaca.

"Syarat untuk mendaftar jadi anggota gampang, cukup membawa KTP Kota Bogor dan pas foto ukuran 2x3 sebanyak tiga lembar. Dalam waktu beberapa menit, sudah tercetak kartunya yang berlaku selama satu tahun diperpanjang," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016