Yayasan Taut Seni bekerja sama dengan Direktorat Perlman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, didukung oleh Galeri Indonesia Kaya dan Group Purnati Indonesia menggelar panggung Maestro 2023.

"Indonesia memiliki banyak kesenian tradisional terutama tari, musik dan seni bertutur. Setiap daerah memiliki bentuk kesenian tradisionalnya masing-masing dengan karakter yang unik dan otentik. Kendati demikian, saat ini tidak lagi banyak orang yang memiliki pemahaman yang mendalam terhadap berbagai macam seni tradisional Indonesia," kata salah satu penggagas Pangung Maestro 2023 Sulistyo Tirtokusumo dalam keterangannya, Rabu.

Panggung Maestro berniat untuk mengapresiasi dan menyebarkan upaya juga karya Maestro seni pertunjukan Indonesia. Sehingga memantik upaya gotong-royong inovatif lintas generasi dan sektor dalam menciptakan nilai tambah ekonomi dari hulu hingga hilir Indonesia.

Hadirnya perhelatan “Panggung Maestro 2023” di Gedung Kesenian Jakarta adalah sebuah bentuk apresiasi bagi para maestro yang telah mendedikasikan hidupnya untuk menjaga dan merawat kesenian tradisional Indonesia, serta menjadi garda terdepan dalam upaya pelestarian warisan seni dan budaya bangsa," ucap Restu Imansari Kusumaningrum, salah satu penggagas Panggung Maestro 2023 lainnya.

Dikatakannya kehadiran dan ketulusan mereka merupakan karya bakti yang tidak ternilai demi generasi mendatang agar tidak kehilangan karakter dan identitas dalam putaran zaman dan arus modernisasi.

Indonesia memiliki banyak kesenian tradisional terutama tari, musik dan seni bertutur. Setiap daerah memiliki bentuk kesenian tradisionalnya masing-masing dengan karakter yang unik dan otentik.

Kendati demikian, saat ini tidak lagi banyak orang yang memiliki pemahaman yang mendalam terhadap berbagai macam seni tradisional Indonesia.

Maestro adalah sebutan untuk orang yang menekuni dan menguasai suatu bidang secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Kata maestro diambil dari bahasa Italia yang berarti pemimpin, di Italia sendiri Maestro disematkan pada pemimpin suatu kelompok paduan suara atau pemusik instrumental pada zaman dahulu.

Maestro dalam bahasa Indonesia merupakan sinonim dari kata Empu, Ahli, Master, atau Pakar.

Maestro oleh Kemendikbud Ristek didenisikan sebagai individu yang secara tekun dan gigih mengabdikan diri pada jenis seni yang langka nyaris punah, serta mewariskan keahliannya kepada generasi muda. Berusia diatas 60 tahun dan telah berkiprah di bidangnya sekurang-kurangnya selama 35 tahun.

Para Maestro adalah ujung tombak pelestarian seni dan budaya Indonesia, dari mata seorang Maestro kita dapat melihat keluhuran hati dan kedalaman rasa cinta terhadap warisan nenek moyang yang tersimpan dan dirawat sepenuh hati.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023