Ribuan anggota  komunitas ojek online alias ojol lintas aplikasi dari Jabodetabek berkumpul  di Pintu Air Malaka Sari,  Buaran, Kecamatan Duren Sawit, Minggu (2/7/2023). 

Mengatasnamakan Relawan DOA atau Deklarasi Ojol Anies for Presiden 2024,  ribuan pengemudi ojol ini yakin Anies akan membawa perubahan buat nasib mereka.

"Kami yakin dengan mendeklarasikan Anies for Presiden, nasib kami yang selama ini kurang baik akan berubah dengan Anies jadi Presiden," ujar  Ketua Relawan DOA Welly Aksa kepada awak media.

Welly menyebutkan, status pekerja ojol di dalam UU Omnibus Law tidak disebutkan. Hal ini berarti negara tidak ikut memperhatikan keberadaan mereka.

Indikatornya, kata Welly, sudah 10 tahun ini pendapatan ojol masih jauh di bawah Upah Minimum Provinsi (UMR) DKI Jakarta.

 "Kami mencari Rp100.000 saja per hari susah Pak," kata Welly.

Dia menambahkan, keberadaan ojol selama ini diakui telah telah memperlancar dan mempercepat arus barang dan manusia dalam kehidupan  sehari-hari. 

Sayangnya, kontribusi ojol ini faktanya tidak ditunjang oleh perlindungan yang memadai dari negara sehingga status pengemudi ojol hingga saat ini tidak jelas. 

Ojol dianggap bukan pekerja sehingga UU Perburuhan tidak berlaku, namun dianggap mitra walau hubungan kemitraan ini sangat timpang dan sepihak. Hal itu membuat semakin banyak pengemudi ojol hidup dalam penderitaan dengan bekerja sekitar 16 jam per hari namun mendapatkan uang lebih rendah dari UMP.

Bagi ojol,  Pemilu Presiden 2024 adalah hal yang sangat penting karena dengan adanya pergantian Presiden yang memiliki kekuasaan pembuat UU maka nasib ojol akan lebih baik ke depannya 

Tiga Landasan Perjuangan

Pada kesempatan itu, para deklarator ojol juga membacakan tiga tuntutan dalam Deklarasi Ojol Indonesia untuk Anies Presiden.

Pertama, pengemudi ojol menyatakan dukungan terhadap Gagasan Perubahan termasuk perubahan pada pengaturan ojol sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan pengemudi ojol.

Kedua,  pengemudi ojol menyatakan NKRI adalah harga mati begitu juga Anies Presiden 2024 adalah harga mati!

Ketiga, pengemudi ojol pada saat hari pencoblosan siap menjadi saksi bekerja sama dengan tim sukses resmi Anies Baswedan demi memerangi segala kecurangan yang bakal terjadi.*

Pewarta: Rilis

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023