Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan menyerukan kepada masyarakat untuk menjadikan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah sebagai momentum dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

“Kita bisa ambil hikmah dari peringatan Idul Adha ini untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kepedulian kita, dengan berbagi rezeki kepada sesama dengan cara berkurban,” ujarnya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Bogor pada lebaran haji kali ini berbagi dengan cara memberikan bantuan lebih dari sapi 100 ekor yang disebar ke 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Salah satu sapi pemberian dari Pemerintah Kabupaten Bogor itu diserahkan secara simbolis oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Baitul Faizin, Cibinong, usai shalat Ied.

Hewan kurban yang diserahkan tersebut berupa sapi limousin dengan bobot sekitar 900 kilogram.

"Saya juga mengetuk hati para pengusaha dengan himbauan untuk ikut berkurban dan berbagi kepada sesama," kata Iwan.

Ia menyebutkan bahwa hewan kurban dari Pemerintah Kabupaten Bogor yang didistribusikan melalui masing-masing camat, langsung disembelih pada hari pertama Idul Adha.

Untuk memastikan pelaksanaan optimal, kata Iwan, pemotongan hewan kurban dari Pemerintah Kabupaten Bogor itu juga melibatkan petugas dari dinas terkait dan pihak Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

"Untuk memastikan hewan kurban yang akan dipotong dalam keadaan aman dan sehat tidak terjangkit penyakit. Dan ketika masyarakat mengkonsumsi hewan kurban sudah dijamin oleh pemerintah bahwa hewan tersebut layak dan sehat untuk dikonsumsi,” kata Iwan.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023