Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, T.M. Yusufsyah Putra menyatakan pelatihan kerja bisa meningkatkan kompetensi dan memudahkan masyarakat agar bisa diterima kerja atau membuka wirausaha.

"Setelah mengikuti pelatihan, keahlian mereka akan bertambah dan memudahkannya mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha," kata Yusufsyah Putra di Depok, Rabu.

Selain itu Yusuf menilai pelatihan kerja yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok dapat menjadi solusi dalam mengatasi pengangguran di Kota Depok, karena dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian para peserta yang mengikutinya.

Baca juga: Disnaker Depok fasilitasi pelatihan kerja kepada warga yang ikuti magang di Jepang

Yusufsyah Putra menyampaikan apresiasi kepada Disnaker Kota Depok yang sudah menjalankan program peningkatan keterampilan bagi warga Kota Depok. Semua itu sebagai bagian dari kebahagiaan dan juga turut membantu mengatasi permasalahan kerja bagi masyarakat.

Dikatakannya Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan instrukturnya memberikan wawasan terbaik yang sesuai dengan kompetensi di bidangnya.

"Harapan kami ke depannya tidak hanya pelatihan, tetapi juga bisa ditindaklanjuti melalui pemagangan atau pencarian kerja," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Depok berikan pelatihan elektronik bagi disabilitas

Sementara itu Kepala Disnaker Kota Depok Sidik Mulyono mengatakan pihaknya rutin melakukan pelatihan bagi masyarakat tentunya peserta telah menjalani sejumlah tahapan seleksi. Mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi wawancara.

"Untuk semester II ini, 220 orang yang sudah dinyatakan lolos dari seleksi," tuturnya.

Sidik menjelaskan, para peserta terbagi dalam sembilan jenis pelatihan dengan waktu yang berbeda. Yaitu desain grafis mulai 04-12 Juli, multimedia 04-14 Juli, dan programer pada 04-16 Juli.

Baca juga: Disnaker Depok buka pelatihan tenaga kerja untuk tingkatkan kualitas

Kemudian, akuntansi pada 18-28 Juli, perpajakan 18-28 Juli, kelistrikan 01-11 Agustus, pengelasan pada 15-26 Agustus, perbengkelan roda dua 02-24 Agustus, dan penyelia halal dilaksanakan 28-31 Agustus.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023