Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengimbau warga turut menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok dan penting dengan membeli pangan atau barang sesuai dengan kebutuhan atau tidak berlebihan agar persediaan dan harga tetap terjaga.

"Dari hasil sidak di Pasar Palabuhanratu yang kami lakukan, mayoritas harga kebutuhan pokok dan penting relatif masih stabil atau normal, hanya harga ayam potong yang mengalami lonjakan di mana saat ini dijual dengan harga Rp45 ribu/kg yang biasanya harganya di bawah Rp40 ribu/kg," kata AKBP Maruly Pardede di Sukabumi, Rabu.

Mayoritas harga kebutuhan pokok masyarakat masih relatif stabil hanya komoditas ayam potong yang harganya melambung karena meningkatnya permintaan dari warga menjelang  perayaan Idul Adha 1444 H.

Maka dari itu warga tidak perlu panik seperti melakukan aksi borong barang yang dampaknya harga bisa meningkat karena persediaan menjadi menipis bahkan langka.

Alangkah baiknya masyarakat membeli barang sesuai kebutuhan dan kemampuan, kata Kapolres.

Contohnya di saat harga ayam potong melambung seperti sekarang ini, warga bisa menggantinya dengan komoditas lainnya seperti ikan air tawar/laut atau jenis lauk pauk sumber protein lain jangan memaksakan membeli.

Dengan adanya temuan lonjakan harga pada komoditas ayam potong ini, Polres Sukabumi pun turun tangan untuk membantu pemerintah khususnya Pemkab Sukabumi dalam upaya mengendalikan harganya. 

Upaya yang dilakukan pihaknya adalah dengan menggelar bazar murah ayam potong di Alun-Alun Palabuhanratu. Adapun persediaannya mencapai 2 ton dan untuk harganya Rp35 ribu/ekor. 

"Langkah ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin membeli ayam potong tetapi kemampuan keuangan terbatas. Diharapkan dengan cara tersebut harga ayam potong bisa berangsur turun dan kembali ke normal," katanya.

Maruly mengatakan dari hasil sidak tersebut untuk harga beras premium Rp14 ribu-Rp15 ribu/kg, beras medium Rp11 ribu-12 ribu/kg, telur ayam ras Rp35 ribu/kg, daging sapi Rp140 ribu-Rp150 ribu/kg. Minyak goreng curah Rp15 ribu-16 ribu/liter dan minyak goreng dalam kemasan Rp18 ribu-Rp20 ribu/kg.

Untuk persediaan mencukupi, tetapi dia tidak bisa menyebutkan angka pastinya, karena dari hasil wawancara langsung yang dilakukan oleh orang nomor satu di Polres Sukabumi dengan pedagang untuk persediaan jumlah setiap harinya berbeda disesuaikan dengan kondisi pasar. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023