Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengimbau kepada para pelaku ekonomi kreatif harus memanfaatkan dunia digital sebagai tempat untuk mempromosikan berbagai produknya agar lebih cepat dikenal masyarakat secara luas. 

"Peran digital dalam kehidupan masyarakat di era modern ini tidak bisa dihindari termasuk dari sisi pemasaran produk, tentunya dengan melakukan digitalisasi baik promosi dan pemasaran, maka produk lebih cepat dikenal," katanya di Sukabumi, Rabu.

Menurut Marwan, tidak hanya dikenal dengan memanfaatkan dunia digital juga bisa meningkatkan pendapatan para pelaku ekonomi kreatif, karena permintaan akan ikut meningkatkan. Sebab dunia digital itu tidak terbatas ruang dan waktu, sehingga bisa memasarkan produknya ke belahan berbagai belahan dunia lainnya. 

Namun demikian, dalam mempromosikan maupun memasarkan produknya tersebut tidak ala kadar saja, tetapi pelaku usaha pun harus kreatif seperti membuat konten yang bisa menarik perhatian konsumen yang tengah mencari berbagai produk yang diinginkannya melalui internet.

Selain itu, branding produk sangat penting juga di dunia digital dan harus diperhatikan ketika memasarkan. Kemudian, harus didukung dengan kemasan produk yang menarik, sehingga peluang dilirik konsumen lebih besar.

Ia menambahkan yang tidak kalah penting adalah kejujuran dari para pelaku ekonomi kreatif, agar konsumen tidak kecewa. Maka dari, pelaku usaha tidak hanya sebatas memanfaatkan dunia digital untuk meningkatkan penjualannya, tetapi harus disertai dengan kualitas, kemasan yang menarik, branding dan kejujuran. 

"Keberadaan gadget seperti handphone atau smartphone harus tidak hanya sebatas digunakan untuk berkomunikasi maupun main atau membuka media sosial saja, tetapi harus dimanfaatkan untuk berbisnis," tambahnya.

Di sisi lain, Marwan mengatakan majunya dunia digital saat ini juga harus dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian, karena kebiasaan masyarakat saat ini sudah mulai berubah tidak hanya yang tinggal di perkotaan saja, tetapi hingga pedesaan yang terdapat akses internet.

Di mana untuk mendapatkan suatu barang, masyarakat sekarang tidak harus datang ke toko atau pasar, tetapi hanya membuka aplikasi jual beli online ataupun media sosial barang yang diinginkan akan dengan mudah didapat dan diantar sampai ke rumah. Untuk itu, peluang ini harus benar-benar dimanfaatkan dalam upaya  meningkatkan penjualan.   

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023