Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menilai kebijakan Indonesia yang berwawasan ke depan dan terkoordinasi dengan baik telah membantu dalam menghadapi lingkungan global yang sangat menantang di tahun 2022.

Hal tersebut diiringi dengan pertumbuhan yang sehat, penurunan inflasi, dan sistem keuangan yang stabil dan menguntungkan.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu, para Direksi Eksekutif IMF menyebutkan dengan berjalannya pemulihan, kebijakan di Indonesia diarahkan untuk memulihkan kerangka kebijakan ekonomi makro pra pandemi dan mempercepat reformasi struktural.

Reformasi struktural dilakukan untuk memperkuat stabilitas ekonomi makro dan membangun ruang kebijakan terhadap guncangan di masa mendatang.

Ke depan, IMF berpendapat Indonesia berada di posisi yang tepat untuk melanjutkan pertumbuhan yang kuat dan inklusif, yang didukung oleh reformasi berbasis luas untuk mendorong lingkungan bisnis yang mendukung, mendiversifikasi ekonomi, dan memitigasi perubahan iklim.

Perekonomian Indonesia menunjukkan kinerja yang kuat pada tahun 2022, yakni tumbuh sebesar 5,3 persen, yang didorong oleh pemulihan permintaan domestik dan kinerja ekspor yang solid, serta di tengah harga komoditas internasional yang tinggi.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023