Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok mengembangkan pertanian perkotaan di Sawangan, terobosan ini dilakukan sebagai inovasi dalam memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok Widyati Riyandani di Depok, Selasa mengatakan saat ini di kota lebih memiliki tantangan dalam bidang pertanian, sebab, dengan lahan terbatas harus bisa dioptimalkan agar lahan tersebut tetap produktif.

"Kalau di kabupaten yang memiliki lahan luas sudah biasa mau tanam apa saja gampang. Tapi kalau lahan sempit, kita mikir apa yang kira-kira bisa ditanam dan cocok bagi keluarga," tuturnya

Ia mengatakan dalam mengelola Kota Depok diperlukan sejumlah inovasi guna meningkatkan produksi produk pangan. Salah satunya, dengan metode vertikal garden untuk tanaman holtikultura.

"Kemudian juga pemanfaatan barang-barang bekas sebagai wadah atau tempat menanam. Untuk efisiensi menggunakan sistem organik tower garden, jadi sistem tanam bertingkat," kata dia.

Widyati juga mengatakan masih terus mengeksplorasi dan mengembangkan sistem pertanian perkotaan,dengan harapan bisa meningkatkan ketahanan pangan dan kemandirian pangan di tingkat keluarga.

"Termasuk juga untuk pengentasan stunting, tentunya lebih murah jika bisa menghasilkan produk sendiri," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023