Warga Ibu Kota antusias memanfaatkan armada TransJakarta, khususnya rute 2C dari Balai Kota menuju Pekan Raya Jakarta 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat sehingga pada jam tertentu tak mampu memenuhi permintaan publik karena kapasitas penumpang bus sudah penuh. 

Sejak pukul sekitar 10.00 WIB di halte Balai Kota, Jakarta Pusat, Sabtu, tampak antrean warga yang akan menaiki armada TransJakarta terlihat cukup banyak pada hari ke-10 penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) tersebut.

Sedikitnya, ada dua barisan antrean yang menjalar panjang menunggu kedatangan armada rute 2C.

Hingga pukul 11.11 WIB, para warga yang antusias menyambut HUT ke-496 DKI itu baru bisa menaiki transportasi umum tersebut.

Baca juga: Pelaku UMKM jumlah omzetnya turun di pameran Jakarta Fair

Sepanjang perjalanan, armada sempat berhenti di halte Juanda, Jakarta Pusat, namun sayangnya warga tak bisa masuk lantaran bus sudah tak cukup untuk menampung.

"Enggak bisa, enggak bisa," demikian ucapan warga dalam armada rute 2C.
 
Antusiasme warga menuju Pekan Raya Jakarta 2023, Jakarta, Sabtu (24/6/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri

Sementara itu, di Jalan Benyamin Suaeb lalu lintas tampak macet menuju pintu masuk Pekan Raya Jakarta 2023.

Pada pukul 11.45 WIB, armada 2C tiba di halte pemberhentian terakhir yakni JI-Expo Kemayoran dan aktivitas warga kondusif saat keluar dari halte itu.

Baca juga: YLKI minta manajemen PRJ jangan hanya pungut tarif mahal untuk pengunjung

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) saat dikonfirmasi perihal itu, berjanji segera menyesuaikan operasional armada rute 2C menuju JI-Expo Kemayoran untuk mengantisipasi antusiasme warga mendatangi PRJ.

"Saya komunikasi dengan operasional ya (untuk segera disesuaikan)," kata Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR TransJakarta, Wibowo saat dihubungi secara terpisah.

Namun, Wibowo belum merinci, konsep penyesuaian yang dimaksud.

Pekan Raya Jakarta 2023 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (14/6) malam.

Kegiatan besar yang juga disebut Jakarta Fair Kemayoran 2023 seperti tahun-tahun sebelumnya, digelar di JI Expo Kemayoran dan akan berlangsung hingga 16 Juli 2023. 

Baca juga: Menikmati Belanja Dan Hiburan Di PRJ

Dalam sambutannya presiden menyebutkan PRJ adalah pameran yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan 5.000 pengunjung per hari dalam penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat pada 14 Juni hingga 16 Juli 2023.

"Dari anjungan-anjungan yang kita buat, targetnya 5.000 orang per hari selama penyelenggaraan PRJ atau Jakarta Fair Kemayoran 2023," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono sebelumnya.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023