Polres Sukabumi Kota mengoptimalkan peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam upaya mencegah dan mengantisipasi terjadinya berbagai kasus kriminalitas di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Peran masyarakat sangat penting, khususnya dalam menjaga kamtibmas minimal di lingkungannya masing-masing. Maka dari itu, kami mengoptimalkan peran itu untuk bersama-sama mencegah dan mengantisipasi terjadinya kasus kriminalitas," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo di Sukabumi, Rabu..

Menurut Ari, salah satu upaya meningkatkan peran masyarakat dalam menjaga kamtibmas, pada Rabu ini pihaknya menggelar apel Kepala Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di Mapolres Sukabumi Kota Sukabumi.

Baca juga: Berikan rasa aman untuk warga TNI-Polri perkuat sinergitas
Baca juga: Cegah gangguan kamtibmas, polisi disiagakan di pusat ngabuburit

Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi ini diikuti oleh 30 Kasat Kamling, Linmas dan Polsus se-wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini, kata dia, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kamtibmas serta memperkuat sinergitas antara Polri dan masyarakat dalam memelihara situasi keamanan dan kenyamanan.

Ia pun optimistis berbagai kasus kriminalitas bisa ditekan seperti perkelahian, geng motor, kejahatan jalanan, pencurian, penganiayaan, pembunuhan dan peredaran narkoba.

Baca juga: Jaga kamtibmas, Bhabinkamtibmas dan babinsa blusukan ke perkampungan di Kota Sukabumi

"Satuan Kamling yang dibentuk ini merupakan upaya Polres Sukabumi Kota dalam mengoptimalkan peran masyarakat dalam memelihara situasi kamtibmas serta untuk mempercepat upaya revitalisasi Satuan Kamling," tambahnya.

Menurut Ari, dalam memelihara kamtibmas Polri tidak bisa bekerja sendiri tetapi perlu dukungan dan bantuan dari berbagai elemen masyarakat serta informasi dari warga pun sangat penting untuk memberantas dan mempercepat penanganan berbagai bentuk kasus kriminalitas di wilayah hukumnya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023