Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar seleksi bakat pemula atlet panjat tebing diikuti berbagai klub sekolah di daerah itu yang berlangsung pada 21-23 Juni 2023.

Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengatakan sebanyak 78 peserta dari kalangan pelajar mengikuti seleksi pembibitan calon atlet yang digelar di arena panjat tebing kompleks Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

"Semoga seleksi ini mampu memberikan kontribusi bagi pembinaan atlet-atlet muda dari cabang olahraga panjat tebing," katanya usai membuka kegiatan, Rabu.

Dia berharap kegiatan seleksi ini melahirkan atlet-atlet potensial berbakat yang mampu berprestasi membawa harum nama Kabupaten Bekasi di ajang level daerah, nasional, hingga internasional.

Sub Koordinator Pembibitan, Iptek, dan Tenaga Keolahragaan pada Disbudpora Kabupaten Bekasi Kristanti berpesan kepada para peserta agar menjadikan seleksi ini sebagai momentum mengevaluasi kemampuan dari hasil latihan.

"Untuk para peserta, ofisial, dan perangkat pertandingan, agar tetap menjunjung tinggi nilai-nilai fair play dan sportivitas," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Bekasi Eka Hardiansyah mengatakan pembibitan atlet pemula ini penting dilakukan untuk regenerasi atlet panjat tebing di Kabupaten Bekasi.

"Terutama untuk event Pekan Olahraga Provinsi (Porda) Tahun 2026 nanti dan kejuaraan lain. Jadi pembibitan ini perlu dilakukan sejak awal," katanya.

Eka mengaku olahraga panjat tebing di Kabupaten Bekasi masih tergolong olahraga menengah sehingga sarana pembibitan atlet panjat tebing masih terbatas di tempat tertentu saja.

"Sarana latihan panjat tebing saat ini masih terpusat di Stadion Wibawa Mukti dan beberapa sekolah menengah, berbeda dengan cabang olahraga populer lain yang ada dimana-dimana," ucapnya.

Ia optimistis cabang olahraga panjat tebing ke depan akan semakin diminati masyarakat.

"Kami juga sering melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Untuk saat ini bahkan anak-anak SD juga sudah mulai banyak yang berminat latihan panjat tebing," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023