Masa liburan sekolah sudah tiba dan masyarakat di Indonesia mulai merencanakan agenda berwisata untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga.

Untuk memudahkan masyarakat memilih tempat wisata yang cocok, tiket.com membuat rekomendasi sejumlah destinasi bertema seru yang dapat Anda pilih bersama keluarga. Ditambah, penawaran Holideals yang juga bisa dimanfaatkan sehingga liburan keluarga akan lebih ramah di kantong.

Berikut daftar tujuan wisata yang bisa Anda dan keluarga pilih, sebagaimana dikutip dari keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menikmati alam dengan glamping (glamor camping) sekeluarga

Destinasi alam biasanya menjadi tujuan andalan bagi keluarga. Misalnya, Anda dan keluarga bisa mencoba untuk menginap di Bobocabin Cikole, Bandung, yang mengusung konsep glamping. Dengan harga mulai dari Rp558.000 per malam, Anda bisa menikmati fasilitas modern dengan jendela besar yang menyajikan pemandangan hutan pinus Lembang.

Opsi lain, Anda dan keluarga bisa staycation di Leuweung Geledegan Ecolodge yang berada di kaki Gunung Salak, Bogor, dengan harga mulai dari Rp950.000-an per kamar per malam. Penginapan ini menghadirkan pesona dan nuansa menenangkan yang nyaman bagi keluarga.

Baca juga: Torosiaje, surga bahari Gorontalo

Bermain ke desa wisata untuk perluas wawasan budaya

Anda dan keluar bisa memilih opsi untuk mengunjungi desa wisata yang unik seperti Desa Wisata Penglipuran, Bali, yang menyajikan pengalaman otentik jelajah warisan budaya leluhur. Untuk mendapatkan pengalaman ini, cobalah paket wisata yang tersedia di tiket To Do dengan harga mulai dari Rp367.647 per orang.

Selain di Bali, pulau Jawa juga memiliki desa wisata seru salah satunya Desa Wisata Karangrejo di kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit di Bukit Punthuk Setumbu dan Bukit Rhema melalui paket wisata mulai dari Rp385.000 per orang.

Belajar kuliner Indonesia dengan wisata kuliner otentik

Wisata kuliner tak boleh dilewatkan dalam agenda liburan keluarga. Ketika mengunjungi Medan, Sumatera Utara, cicipilah kuliner legendaris mulai dari mie gomak, mie balap, lontong medan, bihun bebek, soto medan, hingga buah durian. Di destinasi kuliner seperti Pusat Kuliner Jalan Semarang dan Merdeka Walk menyajikan kuliner otentik khas Medan.

Baca juga: Wisata petik jeruk jadi daya tarik baru wisatawan berkunjung ke Kota Batu

Selain itu, cobalah jelajah kuliner otentik di kota Surabaya, Jawa Timur. Beberapa menu wajib cicip di kota ini termasuk sate klopo di Sate Klopo Ondomohen Bu Asih di daerah Genteng Surabaya hingga es krim Zangrandi legendaris yang telah jadi salah satu ikon kuliner Surabaya sejak berdiri pada 1930.

Menjelajahi museum yang unik

Mengunjungi museum juga menjadi opsi menarik yang bisa Anda lakukan bersama keluarga saat liburan. Misalnya, dengan mengunjungi Chocolate Monggo Museum di Yogyakarta. Di museum ini, Anda bisa mempelajari seluk-beluk cokelat sambil mampir ke pabrik pembuatan Coklat Monggo untuk belanja oleh-oleh dan menikmati es krim gelato.

Masih di Yogyakarta, cobalah berkunjung ke Museum Ullen Sentalu. Di sini, Anda dapat temukan berbagai koleksi dan artefak zaman Kerajaan Mataram hingga sejarah peradaban Keraton Solo serta Yogyakarta.

Baca juga: Desa Durensari Trenggalek masuk 75 desa wisata terbaik dunia versi ADWI 2023

Menciptakan pengalaman seru dengan bermain di taman rekreasi

Taman rekreasi menjadi tujuan wisata yang menyenangkan bagi keluarga, terutama anak-anak. Untuk menikmati pengalaman ini, Anda dan keluarga bisa mencoba bermain di wahana dalam ruangan di Trans Studio Bandung atau Cibubur.

Opsi lain, Anda dapat memilih taman bermain air atau waterpark seperti Waterbom Bali yang menyimpan segudang keseruan. Total ada 11 seluncur air di Waterbom Bali yang siap dijelajahi oleh penggemar rekreasi air.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023