Pasangan ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty berhasil merebut gelar juara perdana mereka di Indonesia Open 2023 usai mengalahkan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak final, dengan skor 21-17, 21-18, di Istora Senayan Jakarta, Minggu.

Gim pertama berlangsung dengan pola permainan yang cepat dan kedua pasangan sama-sama mampu mengimbangi dan mematikan bola secara bergantian.

Chia/Soh sempat unggul 3-0 dari pasangan India, namun Rankireddy/Shetty tidak jatuh dalam tekanan dan mulai mengumpulkan angka demi angka. Ganda Malaysia terus mendominasi permainan hingga akhirnya kedudukan berimbang 7-7 dan 9-9.

Baca juga: Ganda putri Korea Selatan Baek/Lee juarai Indonesia Open 2023
Baca juga: Pram/Yere tumbang di babak semifinal Indonesia Open 2023

Jelang turun minum, pasangan India berusaha merusak momentum ganda putra pemenang medali perunggu Olimpiade 2020 Tokyo dan merebut interval gim pertama 11-9.

Selepas interval, ganda putra India yang kini menempati peringkat enam dunia itu tak memberikan celah bagi Chia/Soh untuk mengumpulkan poin dengan mudah. Dominasi Rankireddy/Shetty tak terbendung hingga mereka memimpin jauh dengan skor 15-11.

Chia/Soh masih berusaha memberikan perlawanan, namun, pasangan India itu tampil lebih tenang hingga akhirnya mengunci kemenangan gim pertama 21-17.

Gim kedua kembali berlangsung ketat dengan Rankireddy/Shetty yang tak ingin melepas kepercayaan diri mereka. Meski perolehan poin sangat sengit, ganda putra India mendapatkan angka dengan cukup mudah hingga interval gim kedua mereka dapatkan dengan skor 11-8.

Baca juga: Lee Zii Jia umumkan istirahat sementara dari olahraga bulu tangkis

Meski sempat tertekan, ganda Malaysia yang kini menduduki peringkat tiga dunia tak ingin berlarut-larut dan segera bangkit untuk memperkecil ketertinggalan di poin-poin kritis seperti ketika mereka terpaut tujuh angka dari lawan di skor 11-18 dan saat ganda India meraih matchpoint.

Sayangnya, upaya itu tidak cukup untuk membendung serangan Rankireddy/Shetty yang menuntaskan gim kedua dengan skor ketat 20-18.

Dengan pencapaian ini, juga sekaligus menandai kemenangan perdana Rankireddy/Shetty di turnamen BWF Super 1000 sepanjang musim.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023