Dua mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Justin Gabriel Wibisono dan Hezron Kowardi, berhasil meraih predikat Overall Best Speaker dan 2nd Best Speaker pada ajang National University Debating Championship (NUDC) 2023 di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten.

"Yang saya lakukan, diantaranya membaca berita perkembangan di dunia serta menonton dan mengulik isi video debat tingkat internasional yang tersedia di Youtube," kata Justin Gabriel Wibisono dalam keterangannya, di Depok, Jumat.

Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UI ini mengatakan biasanya dapat menghabiskan 5-6 jam sehari untuk memahami bagaimana debater tingkat internasional berargumentasi dan mempelajarinya.

Baca juga: UI kembali raih penghargaan peserta MBKM terbesar

Justin juga melakukan persiapan secara intensif dengan para pelatih dan pembina English Debating Society (EDS) UI yaitu Revaldi Nathanael Wirabuana, Gabriel Charlotte Wajong, Agnes Patricia, Rizky Ananda, dan Raynathan Christopher.

Perolehan Overall Best Speaker merupakan kemenangan kedua kali bagi Justin setelah sebelumnya pada NUDC 2022. 

"Menurut saya, yang sangat penting adalah the skill to adapt and to say the right things at the right time. Debat dapat menjadi kompetisi yang sangat dinamis, sehingga mengetahui cara mempengaruhi perdebatan untuk keuntungan sendiri adalah bekal untuk memiliki performa individu yang baik," kata Justin.

Baca juga: UI peroleh penghargaan sebagai PTN berpredikat memuaskan dari ANRI

Sementara itu Hezron yang juga berhasil meraih 2nd Best Speaker telah melakukan proses persiapan secara individu dengan menonton video debat dari para debater nasional dan internasional untuk melatih cara berargumentasi, membaca konten pidato secara verbatim dalam melatih pelafalan, dan membaca berita untuk menguasai mosi-mosi matter centric.

"Menjadi 2nd Best Speaker di NUDC 2023 tidak hanya datang dari skill saya sebagai seorang individu, tetapi juga keahlian saya dan teammate Justin dalam membenahi mosi dan melakukan berbagai necessary step dalam memenangkan suatu ronde perdebatan, seperti framing, layering arguments, dan membuat set-ups yang jelas untuk mengamankan kemenangan di setiap ronde tersebut," kata Hezron yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi UI.

Baca juga: UI raih dua penghargaan implementasi SAKIP dan kinerja anggaran 2022

Kegiatan Debating Championship 2023 ini berlangsung pada 6–11 Juni 2023 ini telah diikuti 112 tim dari berbagai perguruan tinggi di 16 wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

NUDC merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris antar-perguruan tinggi berskala nasional yang diikuti lebih dari 500 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Semua tim ini ikut dalam seleksi regional dan tim yang menduduki peringkat teratas akan memperoleh kesempatan untuk masuk ke dalam NUDC nasional.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023