Menjadi bintang K-Pop yang mendunia? Mengapa tidak.

Inilah yang ditawarkan oleh dunia pariwisata di Korea Selatan kepada para turis mancanegara yang berkunjung ke negeri ginseng itu.

Di antara berbagai objek wisata yang ditawarkan Kota Seoul, ibu kota Korea Selatan, belum terbayangkan bahwa wisatawan bisa merasakan bergaya bak bintang K-Pop.

Tidak jauh dari Istana Gyeongbokgung yang tersohor, wisatawan bisa merasakan satu jam menjadi bintang K-Pop di objek wisata yang baru dibuka tahun lalu, HiKR Ground.

Lokasi HiKR Ground amat mudah ditemukan karena terletak di distrik pusat Jung-gu, Seoul. Pada fasad bangunan, terpampang jelas tulisan HiKR Ground di atas pintu masuk.

Wisatawan bisa saja mengira HiKR Ground adalah gedung perkantoran lainnya di wilayah itu, karena dari luar.

Bangunan HiKR Ground menjadi tempat untuk wisatawan menjadi bintang K-Pop untuk sehari.
Studio Subway yang bertema interior kereta di HiKR Ground di Seoul, Korea Selatan. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Baru lah ketika berada di lantai dua, suasana budaya pop Korea begitu kental terasa.

HiKR Ground langsung mengenalkan wisatawan pada Hallyu atau Gelombang Korea yang kini mudah ditemui di berbagai tempat, yaitu musik K-Pop.

Meskipun tidak dalam arti sesungguhnya menjadi bintang K-Pop, para turis sekarang bisa merasakan sensasi menjadi bintang K-Pop sambil berwisata ke negara itu.

Masuk ke lantai dua, pengunjung disambut tulisan besar yang berbunyi bahwa lantai itu adalah K-Pop Ground, tempat untuk merasakan konten musik pop dari Korea Selatan. Ruangan disinari lampu berwarna-warni dan lagu-lagu K-Pop populer, seperti milik Blacpink diputar.

Terus terang, pada awal masuk mungkin pengunjung belum begitu paham mengapa ada banyak ruangan seperti studio di lantai itu, setiap studio memutar musik yang berbeda. Sedetik kemudian, baru bisa dipahami bahwa di studio itu, pengunjung bisa membuat konten sendiri, entah berfoto atau membuat video, seperti bintang K-Pop yang sedang membuat video dance (menari) sebuah lagu.

Di area K-Pop Ground HiKR, terdapat lima studio yang bisa digunakan untuk membuat konten, yaitu studio Subway yang bertema interior kereta, studio My Stage yang berupa panggung dengan layar berisi animasi, studio Coin Laundry bertema penatu, Color Room dan studio Space Ship bertema luar angkasa.

Masing-masing studio dilengkapi dengan satu stasiun berisi layar sentuh dan ponsel. Dengan bantuan penjaga, pengunjung bisa mengganti musik, latar belakang sampai lampu studio supaya mereka bisa membuat konten yang unik.

Ketika jurnalis peserta Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea berkunjung ke HiKR Ground baru-baru ini, lokasi itu relatif sedang tidak banyak pengunjung, sehingga bisa leluasa mengeksplorasi area tersebut.

HiKR Ground cocok untuk didatangi beramai-ramai. Selain bisa bergantian merekam konten, membuat video ala bintang K-Pop terasa lebih seru ketika dilakukan bersama teman-teman.

Ekspor konten kreatif Korea, dikutip Kantor Berita Korsel Yonhap pada Januari, tercatat sebesar 12,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp184,5 triliun, pada 2021.

Ekspor konten kreatif tersebut melebihi nilai ekspor peralatan rumah tangga atau kendaraan listrik dan baterai sekunder.

Wajar jika pariwisata Korea Selatan dikembangkan tidak melulu menyuguhkan keindahan alam atau peninggalan sejarah, namun juga soal konten kreatif.

 
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023