Universitas Indonesia (UI) menerima kunjungan perwakilan Ajou University yang berlokasi di Suwon, Korea Selatan, untuk membahas kerja sama bahasa dan kebudayaan Korea Selatan.

Hubungan kerja sama antara UI dan Ajou Universiy sudah terjalin lama yang diformalkan melalui Memorandum of Understanding (MoU) pada 2017, terkait kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian.

Kerja sama itu mencakup Academic and Non-Academic Staff Program, Joint Research Program, Exchange Program, dan Student Program. "Kami harap kerja sama ini dapat diperluas hingga ke riset dan inovasi yang bisa dikembangkan oleh sivitas akademika di dua universitas," kata Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., dalam keterangannya, Rabu.

Baca juga: UI dan Ankara University siap jalin kolaborasi lebih luas lagi bidang kesehatan

Secara khusus, Agustin menjelaskan tiga program double degree yang diselenggarakan UI. Pertama, Double Degree for Undergraduate Program. Pada program ini, pembelajaran dilakukan selama empat tahun di dua universitas sekaligus dengan dua gelar yang berbeda.

Misalnya, mahasiswa menyelesaikan Bachelor of Arts di UI selama dua tahun dan pada tahun berikutnya menyelesaikan Bachelor of Economics di universitas mitra.
Program kedua adalah Double Degree for Graduate Program.

Mahasiswa dapat belajar selama dua tahun di dua universitas sekaligus dan mendapat dua gelar yang berbeda. Sementara itu, pada program ketiga, yaitu Double Degree Undergraduate-Graduate Program, mahasiswa bisa memperoleh dua gelar yang berjenjang, misalnya mahasiswa mengambil program sarjana di UI dan program pascasarjana di universitas mitra.

Baca juga: UI tindaklanjuti kolaborasi dengan sepuluh universitas terkemuka di Inggris

Vice-President for lnternational Affairs Ajou University, Professor Shingoo Kang, mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin dengan UI dan sependapat dengan Agustin untuk memperluasnya. Ia tertarik menjalin kemitraan lebih lanjut dengan Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea yang sudah eksis di UI sejak 2006.

"Keberadaan Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea di UI bukanlah hal yang mengejutkan mengingat UI adalah universitas terbaik di Indonesia. Ajou University baru saja merayakan ulang tahun yang ke-50, sehingga ini menjadi kesempatan yang baik bagi kami untuk meningkatkan kemitraan dengan UI," kata Prof. Shingoo.

Baca juga: UI dan Kerajaan Negeri Selangor Malaysia jalin kerja sama bidang kedokteran

Prof. Shingoo menyebut bahwa UI dan Ajou University memiliki kesamaan karena Ajou University memiliki program double degree yang implementasinya kurang lebih sama dengan UI.

Selain program pendidikan, delegasi kedua universitas juga membahas kolaborasi riset yang mungkin dikembangkan.*

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023