Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyalurkan bantuan untuk warga dhuafa dan pelajar jenjang SD hingga SMA se-Kecamatan Tambun Selatan melalui fasilitasi kantor kecamatan setempat.

"Pemberian bantuan ini bagian dari program Bekasi Peduli dan Bekasi Cerdas," kata Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Samsul Bahri di Tambun Selatan, Senin.

Dia mengatakan pendistribusian bantuan Bekasi Peduli berupa paket sembako bagi warga dhuafa melalui unit program Senyum atau Sembako Nyampe Rumah, sedangkan bantuan pelajar lewat program Bekasi Cerdas ditujukan untuk menunjang kebutuhan belajar.

Baca juga: Baznas Kabupaten Bekasi terima hasil audit keuangan 2022 predikat WTP

Program bantuan tersebut dialokasikan bagi 300 warga dhuafa serta 90 pelajar per kecamatan dengan menyasar total 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi, termasuk Kecamatan Tambun Selatan.

"Semua kita jalankan di 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Program Bekasi Peduli membagikan sebanyak 300 paket sembako untuk warga dhuafa dan program Bekasi Cerdas membagikan bantuan untuk 30 pelajar per jenjang pendidikan per kecamatan," katanya.

Samsul menyebutkan penerima manfaat program Bekasi Cerdas mendapatkan alokasi bantuan dengan nominal bervariasi menyesuaikan jenjang pendidikan. Siswa sekolah dasar diberikan uang saku pendidikan sebesar Rp400 ribu ditambah alat tulis dan tas.

Baca juga: Baznas Bekasi lepas 100 anak yatim di pusat perbelanjaan pilih baju Lebaran

Siswa sekolah menengah pertama menerima uang saku pendidikan senilai Rp500 ribu, alat tulis, dan tas, sedangkan pelajar sekolah menengah atas hanya mendapatkan uang saku pendidikan sebesar Rp700.000.

"Jadi, total penerima manfaat bantuan program ini adalah 6.900 warga dhuafa dan 2.070 pelajar di Kabupaten Bekasi," ucap dia.

Ia berharap program Bekasi Peduli dan Bekasi Cerdas bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan menyasar warga yang paling membutuhkan.

"Semoga dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan beban mereka," katanya.

Baca juga: Baznas Kabupaten Bekasi salurkan 300 paket sembako bagi warga kurang mampu

Camat Tambun Selatan Sopian Hadi mengapresiasi Baznas Kabupaten Bekasi atas kepedulian terhadap warga Kecamatan Tambun Selatan melalui program Bekasi Peduli dan Bekasi Cerdas.

"Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada Baznas Kabupaten Bekasi atas bantuan yang diberikan. Tentunya bantuan ini dapat mengurangi beban saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023