Cikarang Bekasi (Antara Megapolitan) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengunjungi untuk melihat kondisi Zedd Elektra Aphrodite (4) balita yang menderita penyakit kulit aneh.

"Kunjungan ini untuk membantu pengurusan syarat-syarat agar Zedd mendapat bantuan dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," kata Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Bekasi Odws S Yahya di Kabupaten Bekasi, Kamis.

Menurut dia balita berusia empat tahun ini nantinya akan dirujuk ke rumah sakit di Jakarta, dikarenakan orang tua Zedd belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Kabupaten Bekasi.

"Pada KTP orang tuanya beralamatkan Jalan Mangga Besar XIII/16, Kelurahan Mangga Dua Selatan Sawah Besar, Jakarta Pusat," katanya.

Tetapi bantuan itu akan tetap diberikan dalam waktu sementara di Poliklinik Spesialis kulit, RSUD Cibitung. Ini dilakukan agar lebih maksimal dalam perkembangan kesehatan Zedd.

Ia menambahkan kondisi Zedd masih gatal-gatal dan bagian mukanya memerahnya, serta terdapat tanda peradangan akut. Zedd menderita gatal-gatal ini hampir di seluruh tubuhnya.

Dengan dugaan awal dipicu oleh makanan seperti ikan, ayam dan telur. Karena riwayat alergi dari almarhum ayahnya dan keluarga.

Namun usaha dari keluarga bocah dengan penyakit kulit ini tidak berhenti sampai disini saja. Tetapi guna menyembuhkan penyakit anaknya, keluarga sudah mengurus surat-surat ke BPJS dan hingga kini masih menunggu surat putusan itu.

Lanjut Oded menjelaskan dalam permasalahan kesehatan bocah ini dinas kesehatan sudah melakukan cara tepat dengan melakukan observasi lingkungan dan kondisi penderita.

Setelah dilakukan penelusuran dengan melihat secara langsung, serta mendengar pengakuan orang tuanya maka penyakit ini bukan hanya turunan tetapi dikarenakan faktor makanan.

Setelah dilakukan tindak lanjut guna membantu pengurusan JKN ternyata orang tua penderita bukan penduduk Kabupaten Bekasi melainkan Jakarta.

Tetapi usaha orang tuanya ini patut diacungi jempol, dikarenakan sudah memproses kartu BPJS-nya di PKM Mangga Dua Selatan, dan dibantu PKM Setiamulya. Dan Jika surat BPJS dari Jakarta sudah turun baru akan ditentukan kembali langkah berikutnya.

Namun guna memberikan apreaiasi kesehatan kepada masyarakat akan diberikan surat putusan rujukan guna mendapat perawatan di RSUD Cibitung.

Pewarta: Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016