Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar serangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Keanekaragaman Hayati dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 sebagai upaya membangkitkan kesadaran semua elemen terhadap penyelamatan lingkungan hidup.

"Kegiatan ini bertujuan membangkitkan kesadaran terhadap penyelamatan lingkungan, dan mengajak kita untuk terus menggalakkan berbagai langkah dan upaya dalam mendorong kehidupan yang berkelanjutan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul Ari Budi Nugroho di Bantul, Selasa.

Berbagai kegiatan dalam Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan Hidup Sedunia 2023 di Bukit Watu Gagak, Wukirsari, Bantul tersebut penanaman pohon untuk penghijauan, dilanjutkan dengan pelepasliaran burung endemik kerja sama dengan pengelola bukit Watu Gagak Wukirsari, serta penyerahan secara simbolis motor roda tiga pengangkut sampah kepada jejaring pengelola sampah Bantul.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023, yaitu "Kurangi Polusi Sampah Plastik, untuk Bumi yang Lebih Hijau", sedangkan tema peringatan Hari Keanekaragaman Hayati adalah "Berdamai dengan Alam, Solusi Perubahan Iklim dari Kita untuk Kita dan Alam".

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran tentang perlindungan lingkungan hidup dan konservasi sumber daya alam.

 

Pewarta: Hery Sidik

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023