Rumah Sakit Umum Daerah Brigjend H Hasan Basry Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang menjadi taman konservasi anggrek.

Pencanangan RSUD Kandangan sebagai pusat konservasi anggrek juga bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dirangkai pengukuhan pengurus Pencinta Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten HSS oleh Bupati HSS Achmad Fikry.

"Saya bahagia dan bangga, karena RSUD Kandangan merupakan satu-satunya rumah sakit yang mempunyai taman konservasi anggrek di Indonesia dan yang pertama di Tanah Air," kata Ketua DPD PAI Kalsel Arinda Dian Susanti melalui keterangan tertulis di Kandangan, Minggu.

Baca juga: Peringati 205 tahun Kebun Raya Bogor resmikan wahana baru Griya Anggrek
Baca juga: Bima Arya berharap konservasi Anggrek Kebun Raya Bogor gandeng petani lokal

Arinda menuturkan program konservasi anggrek itu merupakan kolaborasi antara insan pencinta anggrek dengan Pemkab HSS.

Arinda mengungkapkan Kalimantan Selatan memiliki delapan DPC PAI dan mempunyai dua taman konservasi anggrek di Batu Benawa Pagat dan RSUD Kandangan.

Bupati HSS Achmad Fikry menyebut lingkungan identik dengan hijau pohon, sekarang tidak hanya sekedar hijau, tapi membutuhkan keasrian dan keindahan dengan cara menempelkan anggrek di batang pohon.

Fikry berharap kegiatan menempelkan anggrek pada batang pohon yang berada di lingkungan Kantor Pemkab HSS dan pengurus PAI melestarikan anggrek secara berkelanjutan.

Baca juga: LIPI Luncurkan Prangko Seri Anggrek 34 Provinsi

Kepala Dispera KPLH Kabupaten HSS Ronaldy Prana Putra mengapresiasi manajemen RSUD Kandangan yang bersedia menjadi tuan rumah pelestarian anggrek.

Pada kesempatan itu, pengurus PAI setempat menyerahkan anggrek hibrid dari hasil persilangan Deundrobium Helix dengan Dendrobium Yanny Rahmasari oleh Phillip Recardo Sugiwan kepada Bupati HSS.

Anggrek jenis ini telah diregistrasi secara internasional di Inggris pada 30 Mei 2023, dengan nama Dendrobium Isnafikry Sehati, dan telah diikutkan lomba Festival Anggrek Paris Van Borneo di Barabai, serta mendapatkan juara tiga untuk kategori Anggrek Dendrobium Hybrid.

Pewarta: Imam Hanafi/faturahman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023