PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 2 Bandung melakukan pemeriksaan lintasan mulai dari Stasiun Bandung hingga Purwakarta, Selasa, menjelang diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 pada 1 Juni.

"Inspeksi (pemeriksaan lintasan) dilakukan untuk memastikan kesiapan seluruh lintas saat diberlakukannya Gapeka 2023," kata Manajer Angkutan Penumpang Daop 2 Bandung, Moch Aji Dwi Hariyono, di Purwakarta, Selasa.

Fokus inspeksi ini meliputi kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya.

Pada kegiatan inspeksi tersebut, jajaran Daop 2 juga menyampaikan pembinaan kepada seluruh pekerja di lintas agar selalu waspada serta mempersiapkan dengan sebaik mungkin segala aspek terkait operasional KA serta pendukungnya, terutama pada saat masa peralihan dari Gapeka 2021 menjadi Gapeka 2023.

Aji mengatakan, pemberlakuan Gapeka 2023 berdampak pada efisiensi waktu tempuh perjalanan KA. Sehingga jadwal keberangkatan dan kedatangan KA juga ikut mengalami perubahan.

"Perubahan ini yang harus dipersiapkan dan diantisipasi dengan baik oleh seluruh insan KAI Daop 2 Bandung," katanya.

Menurut dia, pada Gapeka 2023 terdapat efisiensi waktu tempuh perjalanan KA jarak jauh keberangkatan wilayah Daop 2 Bandung dengan total 214 menit per hari.
 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023