Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Banten, menyebutkan dari 130 SMK di kota itu, sebanyak 122 sekolah baik negeri maupun swasta di antaranya sudah memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK) yakni lembaga yang membantu penyaluran ke dunia industri.

"Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Banten, kepemilikan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK di Kota Tangerang menjadi yang tertinggi," kata Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang, Provinsi Banten Sonny Maulana, Selasa.

Pada Senin (29/5) Disnaker memberikan penghargaan di SMK Strada Daan Mogot.

Disnaker sejak 2018 silam telah membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK) tingkat SMK. Program ini menjadi langkah mutlak Pemkot Tangerang dalam pengurangan angka pengangguran pada lulusan SMK.

Ia menjelaskan BKK merupakan lembaga yang ada di sekolah bermitra bersama Disnaker. Secara pergerakan, yakni sebagai fasilitator dalam menjalin hubungan kerjasama antara BKK SMK Kota Tangerang dengan instansi dunia usaha maupun industri.

"Selain itu, program ini juga sebagai pengembangan karir dan panyalur para siswa atau alumni yang membutuhkan pekerjaan ke dunia industri atau usaha," ujarnya.

Kepala SMK Strada Daan Mogot, Lucia Maria Suprihatin menuturkan rasa senang atas apresiasi yang diberikan Pemkot Tangerang pada sekolahnya.

Secara persentase tercatat 50 persen lulusan SMK Strada Daan Mogot ialah lanjut kuliah, 30 persen masuk kerja atau industri dan 20 persen berbisnis. K

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023