Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bersama Kantor Kementerian Agama setempat kembali memberangkatkan 392 calon jamaah haji ke Tanah Suci Mekah.

"Jaga nama baik Indonesia khususnya Kabupaten Bogor, mengingat jemaah haji asal Kabupaten Bogor merupakan yang terbesar se-Indonesia. Patuhi segala peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia maupun kerajaan Saudi Arabia," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor Syukri Ahmad Fanani saat pelepasan jamaah haji di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Senin.

Sebanyak 392 calon jamaah haji bersama 8 orang pendamping itu merupakan rombongan kedua yang dilepas oleh Pemkab dan Kantor Kemenag Bogor, setelah pelepasan perdana pada Rabu, 24 Mei 2023..

Mereka diberangkatkan terlebih dahulu ke Embarkasi Bekasi, kemudian diterbangkan di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu, 30 Mei 2023 sekitar pukul 10.00 WIB.

"Insyaallah, dengan niat yang lurus, menjalankan ibadah haji lillahi ta’ala, serta bersungguh-sungguh beribadah sesuai syariat, jemaah haji Indonesia khususnya Kabupaten Bogor dapat menjadi haji yang mabrur," tuturnya.

Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memberangkatkan 3.530 calon jamaah selama musim haji 2023.

Pasalnya, Kabupaten Bogor mendapatkan kursi sebanyak 3.530 jamaah haji dengan rincian 3.203 jemaah haji reguler dan 327 jamaah haji prioritas lansia yang terdiri sekitar delapan sampai dengan sembilan kloter.

Kuota calon jamaah haji Kabupaten Bogor merupakan yang terbanyak di Indonesia, mengingat wilayah tersebut jumlah penduduknya terbesar dibandingkan kota/kabupaten lainnya, yakni mencapai 5,4 juta penduduk.

Pemberangkatan 3.530 calon jamaah haji asal Kabupaten Bogor dibagi menjadi 11 kloter. Kloter pertama yang diberangkatkan pada pekan lalu berjumlah 472 calon jamaah haji dan delapan orang pendamping.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023