Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Pemerintah Provinsi Lampung menerima Kunjungan Kerja Komite I DPD RI dalam rangka Peninjauan Calon Daerah Persiapan (CDP) Kabupaten Lampung Seputih Barat dan Kabupaten Lampung Seputih Timur, sebagai Pemekaran dari Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung.

Dalam kunjungan ini, Rombongan Komite I DPD RI didampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan serta jajaran Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (26/09/2016).

Kabag Humas Pemprov Lampung Heriyansyah menginformasikan, Komite I DPD RI yang dipimpin oleh Syarip mengunjungi lokasi Calon Daerah Persiapan Kabupaten Lampung Seputih Timur di Kecamatan Bumi Nabung. Rombongam diterima Bupati Lampung Tengah yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Azhar.

Dalam sambutannya, Sekretaris Pemekaran I Nyoman Suryana yang juga Anggota DPRD Provinsi Lampung ketika melakukan peninjauan mengatakan bahwa terdapat 8 Kecamatan di Wilayah Calon Daerah Persiapan Kabupaten Lampung Seputih Timur.
Menurutnya Proses Pemekaran ini telah berjalan sejak Tahun 2007, dan telah dipelopori oleh tokoh masyarakat dan tokoh adat, sehingga pihaknya berharap perjuangan kali ini dapat menjadikan Kabupaten Lampung Seputih Timur sebagai daerah otonomi baru.

"Untuk area perkantoran telah disiapkan lahan seluas 34,6 Ha, dengan sarana yang telah disesuaikan dengan kajian dari Unila, apalagi potensi daerahnya juga sangat menjanjikan sehingga kami berharap pemekaran ini segera terwujud," jelasnya.

Keinginan Masyarakat

Sementara, dalam sambutannya Bupati Lampung Tengah yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah Azhar mengatakan bahwa kunjungan kerja Komite I DPD RI ini diharapkan dapat menjawab keinginan warga dan masyarakat yang daerahnya ingin dimekarkan.

Pihaknya pun menilai kondisi yang terlalu luas mengakibatkan pelaksanaan program mengalami hambatan, namun dengan potensi daerah yang dimiliki, Pemeritah Kabupaten Lampung Tengah sangat yakin dan berharap Anggota DPD RI akan mendukung dan memberikan rekomendasi sehingga Kabupaten Lampung Seputih Timur memang layak untuk dimekarkan.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPD RI dari Dapil Lampung, Syarif menjelaskan bahwa pada prinsipnya pihaknya siap mendukung pemekaran Kabupaten Seputih Barat dan Kabupaten Seputih Timur sebagai Calon Daerah Persiapan.

Selain itu pihaknya berharap seluruh jajaran baik di tingkat Kabupaten Lampung Tengah maupun Pemerintah Provinsi Lampung dapat terus meningkatkan koordinasi dan sinergitas agar pemekaran ini dapat segera terealisasi.

Kabag Humas Heriyansyah juga menambahkan bahwa kunjungan kerja Komite I DPD RI Provinsi Lampung dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni dari tanggal 25 sd 26 September 2016, dengan tujuan untuk meninjau Calon Daerah Persiapan (CDP) Kabupaten Lampung Seputih Barat (25/09) dan Kabupaten Lampung Seputih Timur yang dilakukan pada hari Senin (26/09).

Anggota DPD RI yang ikut dalam kunjungan kerja tersebut di antaranya adalah Akhmad Muqowam selaku Ketua Komite I DPD RI, Abdul Qadir Amir Hartono, Rijal Sirait, Muhammad Mawardi, Ahmad Subadri, serta Anggota DPD RI asal Lampung Syarif.

Kabag Humas Heriyansyah menjelaskan lebih lanjut,dalam kunjungan itu Rombongan Anggota DPD RI selain turun langsung meninjau lokasi calon Kabupaten Lampung Seputih Barat dan Kabupaten Lampung Seputih Timur, juga melakukan pertemuan dengan bupati/wakil bupati Lampung Tengah, camat, kepala pekon (desa), serta Panitia pembentukan Calon Kabupaten Lampung Seputih Barat dan Kabupaten Lampung Seputih Timur.

Dalam kunjungan ini turut serta pula sejumlah anggota fokorpimda serta Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan Pemerintah Provinsi Lampung. (RLs/MTh).

Pewarta: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016