Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat merangkul organisasi-organisasi dari kalangan generasi milenial atau Gen Z, sebagai upaya jemput bola untuk meningkatkan keikutsertaan pemilih muda pada Pemilu Tahun 2024.

"Ya kami merangkul (organisasi Gen Z). Seperti dengan Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Jawa Barat," Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat, Reza Alwan Sovnidar, ketika dihubungi, Jumat.
 
Forum OSIS Jawa Barat, kata Reza, pada akhir tahun lalu melakukan audiensi ke KPU Jawa Barat, terkait dengan sosialisasi Pemilu 2024 bagi pemilih pemula.

Baca juga: Kesbangpol Depok siap berikan edukasi pemilih pemula terkait Pemilu 2024
Baca juga: KPU Kota Bogor mulai edukasi calon pemilih pemula pemilu 2024
Baca juga: KPU mulai sosialisasikan Pemilu 2024 kepada calon pemilih pemula di Bogor

"Jadi mereka audiensi dengan kami, lalu KPU menggandeng forum OSIS, terutama di kabupaten/kota. Jadi kami mengarahkan ke KPU tingkat kabupaten/kota untuk menggandeng forum OSIS jika ada kegiatan yang berkaitan dengan sosialisasi ke generasi muda," kata Reza.

Dia mengatakan pada prinsipnya KPU Jawa Barat dan KPU tingkat kabupaten kota menjalankan arahan dari KPU RI terkait sosialisasi bagi pemilih pemula Pemilu Tahun 2024, yakni generasi muda menjadi komponen prioritas untuk yang disasar oleh KPU.

"Jadi arahannya by desain dari KPU RI. Tapi kami di lapangan mencoba semaksimal mungkin dengan kebijakan di KPU RI terkait dengan kondisi pemilih muda yang tadi kualifikasi disebut Gen Z," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023