Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar puncak lomba dokter kecil tingkat daerah hasil seleksi dari masing-masing pusat layanan kesehatan guna mengedukasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada anak sedari dini.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Kompleks Pemkab Bekasi, di Cikaran, Selasa (23/5) diikuti sebanyak 92 murid sekolah dasar pemenang lomba serupa di total 46 pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas se-Kabupaten Bekasi.

"Para peserta yang aktif di UKS setiap sekolah dasar ini diharapkan menjadi anak yang bisa menjaga pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih, baik untuk diri sendiri, lingkungan sekolah, maupun di masyarakat," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Supriadinata.

Baca juga: Pneumonia dapat dicegah lewat PHBS hingga vaksinasi

Para peserta juga dididik untuk menjadi panutan di lingkungan sekolah ataupun masyarakat, khususnya teladan dalam hal kesehatan, serta belajar mengobati saat sakit, baik bagi diri sendiri maupun teman sekolah.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Masrikoh mengatakan perilaku hidup bersih dan sehat mesti ditanamkan sejak dini di masyarakat. Salah satunya melalui program dokter kecil ini.

Selain itu, perlombaan juga digelar untuk menjaring mereka yang berbakat dan terbaik di tingkat Kabupaten Bekasi untuk menjadi peserta lomba di tingkat provinsi maupun nasional dalam ajang serupa.

Baca juga: Bupati Karawang imbau masyarakat waspadai virus cacar monyet dengan PHBS

"Karena program ini juga program nasional. Jadi kita sekarang menjaring yang bagus dan berbakat yang disiapkan untuk lomba tingkat nasional. Sudah ditunjuk siapa yang mewakili Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Masrikoh mengaku para siswa sekolah dasar yang mengikuti kegiatan ini akan terus dibina oleh puskesmas terdekat sesuai dengan wilayah sekolah.

"Jadi ini program kerja sama antara puskesmas yang memiliki program pelayanan Ausrem (Anak Usia Sekolah dan Remaja), khususnya di UKS-nya, jadi bekerja sama dengan guru UKS," katanya.

Baca juga: Jamkrindo tanamkan PHBS kepada anak berusia dini

Dia berharap lomba dokter kecil ini bermanfaat bagi seluruh peserta yang mengikuti. "Semoga bisa membawa nama baik Kabupaten Bekasi, supaya anak-anak kita paham akan PHBS, karena keberhasilan kesehatan itu mulai dari PHBS," kata dia.

Juara pertama lomba dokter kecil tingkat Kabupaten Bekasi diraih siswa perwakilan SDS Don Bosco 3, disusul SDIT Fitrahhaniah di peringkat kedua, serta SD Islam Luqmanul Hakim yang mendapatkan predikat juara ketiga.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023