Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menawarkan lowongan kerja ke luar negeri pada job fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja setempat.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Senin, mengatakan, jumlah peluang lowongan kerja yang ditawarkan pada job fair Disnakertrans Purwakarta mencapai 3.715 lowongan.

"Job fair ini akan digelar pada 23-25 Mei 2023," katanya.

Dari 3.715 jumlah lowongan kerja yang akan ditawarkan melalui job fair itu meliputi lowongan pekerjaan di dalam negeri dan luar negeri.

Baca juga: Disnakertrans Purwakarta buka ribuan lowongan kerja melalui bursa kerja

Untuk lowongan kerja di dalam negeri sebanyak 1.135 lowongan, dan penempatan kerja di luar negeri sebanyak 2.580 lowongan.

Lowongan kerja ke luar negeri ini meliputi sejumlah negara di Eropa, seperti Slovakia, Rumania dan Hungaria.

Kemudian ada juga yang ke Jepang, Taiwan dan Hongkong serta Arab Saudi.

Menurut bupati, kegiatan job fair digelar dengan tujuan untuk mengonsolidasikan kesempatan kerja yang tersedia di berbagai perusahaan, agar terinformasikan dengan baik kepada para pencari kerja.

Baca juga: Disnaker Kota Sukabumi menyiapkan 5.000 lowongan kerja

"Kita bantu mengonsolidasikan kesempatan kerja baik untuk penempatan kerja di dalam maupun di luar negeri. Kegiatan ini nantinya membuka ribuan peluang kerja. Puluhan perusahaan telah menyatakan siap terlibat dalam kegiatan tersebut," katanya.

Kepala Disnakertrans Purwakarta Didi Garnadi menjelaskan puluhan perusahaan berbagai sektor jasa dan industri barang telah menyatakan akan berpartisipasi dalam kegiatan job fair Disnakertrans Purwakarta 2023.

"Sedikitnya sudah 30 perusahaan menyatakan akan berpartisipasi, dan akan membuka lowongan kerja," kata dia. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023