Setelah menggelar Festival Lebaran Depok 15-21 Mei 2023, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Dede Hidayat menyebut festival itu pada tahun depan telah masuk dalam kalender peristiwa (calender of event) dengan melibatkan lebih banyak lagi peserta UMKM pada tahun 2024.
 
"100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdaftar dalam Wirausaha Baru (WUB) tahun lalu kami libatkan dalam Lebaran Depok 2023, sisanya UMKM dari kecamatan," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Dede Hidayat di Depok, Minggu.

Menurut dia kegiatan calender of event yang cukup berhasil, karena perputaran uang mencapai miliaran rupiah.

Jumlah pastinya masih dalam tahap penghitungan karena acara masih berlangsung hingga Minggu malam ini.

Ia mengatakan kegiatan Lebaran Depok setiap tahun selalu menjanjikan untuk UMKM, sebab, berdasarkan dari hasil wawancara dengan pelaku usaha yang terlibat, omzet mereka bisa sampai 5 kali lipat.

"Contohnya pedagang cendol yang mampu meraup omzet hingga Rp5 juta per hari. Pertukaran uang ini sangat luar biasa dan menjanjikan," katanya mencontohkan

Dede berharap, calender of event yang biasa dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bisa terus melibatkan pelaku usaha, sehingga produk mereka semakin dikenal oleh masyarakat.

"Output dari kegiatan seperti ini, kalangan wirausaha baru maupun pelaku usaha lain bisa memperkenalkan produk UMKM secara luas. Ke depan kami ingin tenda yang disediakan diprioritaskan untuk UMKM binaan Depok dan jumlahnya diperbanyak," kata Dede.

Baca juga: 300 UMKM terlibat dalam acara tradisi Lebaran Depok 2023

Baca juga: Tradisi kegiatan Lebaran Depok targetkan 20 ribu pengunjung


 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023