Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi mengandalkan Program Ikan Masuk Rumah (Imah) untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dan meningkatkan produksi baik ikan baik konsumsi maupun hias.

"Program Imah ini menjadi solusi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat juga membantu dalam meningkatkan produksi perikanan," kata Kepala Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati di Sukabumi, Jumat.

Kabupaten Sukabumi, katanya memiliki potensi yang besar pada sektor perikanan khususnya air tawar karena ditunjang  kualitas air serta cuaca. Maka dari itu, melalui Program Imah ini pihaknya mendorong masyarakat bisa melakukan budi daya ikan secara sederhana.

Baca juga: Alun-Alun Palabuhanratu Sukabumi dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi

Tentunya, warga yang mendapatkan program itu akan diberikan pelatihan terlebih dahulu bagaimana cara membudidayakan ikan secara sederhana dengan memanfaatkan lahan atau media terbatas.

Seperti melakukan pembenihan, pembesaran hingga penanganan jika ada ikan yang sakit. Selain itu, yang paling terpenting adalah pembudidaya ikan selalu berinovasi untuk menghasilkan baik benih maupun bibit ikan berkualitas.

Apalagi, katanya Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil ikan hias Koi terbesar di Indonesia, bahkan kualitasnya sudah diakui oleh para penghobi Koi baik di tanah air maupun luar negeri.

Baca juga: Bupati Sukabumi optimistis KEK Lido Bogor bawa ekonomi daerah lebih melesat

"Budi daya ikan tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang besar, tetapi bisa memanfaatkan media atau lahan terbatas bahkan budi daya pun bisa dilakukan pada ember maupun akuarium. Apakah nanti hasilnya untuk dijual atau dikonsumsi sendiri yang terpenting dari kegiatan budi daya ini bisa membantu warga untuk meningkatkan pendapatannya serta memenuhi kebutuhan," tambahnya.

Di sisi lain, Nunung pun mengimbau kepada para pembudidaya baik ikan konsumsi maupun hias dalam memasarkan dan mempromosikan produk perikanannya bisa memanfaatkan dunia digital seperti media sosial, market place dan lain sebagainya agar lebih cepat dikenal serta tidak membutuhkan biaya yang besar.

Baca juga: Wakil Wali Kota Bogor berharap ekonomi warga tidak lama terdampak longsor Empang

Dari ikan tidak hanya bisa meningkatkan perekonomian atau pendapatan masyarakat, tetapi ikut mencerdaskan anak bangsa, karena ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan tubuh khususnya pada anak di usia pertumbuhan seperti mempercepat pertumbuhan otak dan tubuh.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023