Sebanyak 850 bakal calon legislatif (bacaleg) dari 17 partai politik yang mendaftarkan diri ke KPU Kota Depok bertarung untuk memperebutkan 50 kursi anggota DPRD Kota Depok, Jawa Barat.

"Dari 18 parpol peserta pemilu hanya satu Partai Garuda yang tidak mendaftarkan bacalegnya," kata Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna di Depok, Senin.

Menurut Nana hingga batas akhir penutupan pendaftaran bacaleg pada Minggu (14/5) Pukul 23.59 WIB Partai Garuda memberikan informasi tidak dapat mendaftarkan bacalegnya.

Baca juga: Partai Gelora Depok usung 60 persen milenial sebagai bacaleg pada Pemilu 2024

Dikatakannya setelah menerima pendaftaran maka kami akan melakukan rapat internal di KPU Depok untuk melakukan verifikasi berkas.

"Nanti kami akan menetapkan daftar calon sementara (DCS) dan masih bisa ada calon yang bisa masih berubah sebelum di tetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT)," katanya.

Pada hari terakhir pendaftaran bakal caleg pada Minggu (14/5), ada enam partai yang mendaftar yaitu Partai Ummat, Partai PKN, Partai Gerindra, Partai PSI, Partai Gelora dan Partai Buruh. Mereka datang sejak Minggu pagi hingga Minggu malam.

Baca juga: Partai Demokrat antarkan 50 bacaleg naik delman daftar ke KPU Depok

Sebelumnya telah mendaftar DPD PKS Kota Depok, Jawa Barat, menyiapkan bakal calon anggota legislatif sebanyak 50 orang, dan delapan di antaranya merupakan anak-anak milenial dan 17 bacaleg perempuan.

"Sesuai dengan keinginan kami dapat mencapai kursi dua kali lipat dari perolehan kursi pada Pemilu 2019. Pemilu 2024 PKS optimistis dengan penambahan kursi yang signifikan," kata Ketua DPD PKS Kota Depok Imam Budi Hartono.

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Depok, Jawa Barat, mengusung tema budaya ketika mengantarkan 50 bakal calon anggota DPRD setempat untuk mendaftar ke KPU Kota Depok.

Baca juga: PDIP usung tema budaya mengantar daftar bacaleg ke KPU Depok

"Kami DPC PDI Perjuangan Kota Depok hadir di Kantor KPU Kota Depok hari ini dengan mengusung tema budaya. Sebanyak 50 bacaleg yang kami daftarkan hari ini semua menggunakan busana-busana adat, dengan target 13 kursi," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok Hendrik Tangke Allo.

Rombongan bacaleg PDI Perjuangan mengenakan pakaian adat dengan melakukan tarian Reog Ponorogo ketika memasuki Kantor KPU Kota Depok.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023