Cisarua, Bogor, (Antara Megapolitan) - Direktur Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Frans Manansang meminta agar putri pariwisata Indonesia ikut mempromosikan indahnya wisata di seluruh nusantara kepada masyarakat dunia.

"Banyak objek wisata di Indonesia yang indahnya tidak kalah dengan luar negeri, namun belum banyak dikenal oleh masyarakat. Tugas para finalis inilah untuk memberitakan atau menyampaikan hal ini agar pariwisata Indonesia tambah maju," katanya kepada Antara di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

TSI Cisarua adalah sebuah lembaga konservasi "ex-situ" (di luar habitat alami) satwa liar, sekaligus objek wisata nasional yang banyak dikunjungi masyarakat, termasuk tokoh nasional dan dunia.

Didampingi Humas Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Yulius H Suprihardo, usai menerima 37 finalis Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2016 yang mewakili 34 provinsi, ia berharap dengan kunjungan ke TSI Cisarua, sebagai salah satu objek wisata terbaik di Indonesia, para finalis dapat

ikut membantu mengenalkan kekayaan alam Indonesia, baik satwa, flora, maupun keindahan alam lainnya.

"Promosikan keindahannya, baik di Indonesia maupun mancanegara," kata Frans Manansang.

Sebanyak 37 gadis yang mewakili 34 provinsi di Indonesia berkesempatan untuk berwisata di TSI Cisarua pada Minggu, pukul 09.30 WIB.

Wisata diawali dengan menikmati "Safari Journey" di mana para finalis dapat bersafari dan melihat berbagai satwa seperti di habitat aslinya. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan mengelilingi area rekreasi TSI di mana terdapat 26 wahana permainan serta beberapa "exhibit" satwa seperti "Crocodile Park", "Komodo Dragon Island", "Penguin House", serta "Primate Center & Reptile Tunnel".

Beberapa finalis terlihat berinteraksi dengan gajah sumatera, burung macaw, dan ular.

Dalam kesempatan kali ini, para finalis juga menikmati dua pertunjukan edukasi yaitu gajah dan "cowboy show".

Finalis perwakilan Sulawesi Utara Lois (20) menyempatkan diri untuk berpose dengan seekor burung rangkong badak.

Sedangkan rekannya, Naomi dari Sulawesi Tenggara berkesempatan berpose dengan seekor gajah sumatera.

Masih dalam rangkaian acara kunjungan Putri Indonesia, mereka juga mendapat hadiah berupa kalungan bunga dari seekor gajah sumatera.

Putri Pariwisata Indonesia merupakan sebuah ajang kecantikan di Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 2008 bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata.

PPI diselenggarakan berawal dari pemikiran untuk menjadikan budaya bangsa sebagai daya tarik dan kekuatan pariwisata sekaligus menyongsong "Visit Indonesia Year 2008" bertujuan untuk mempromosikan keindahan dan keramahan negeri ini ke seluruh nusantara dan mancanegara.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016