Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto berharap penyelenggaraan KTT ASEAN dapat menjadi momentum kembalinya julukan Macan Asia yang sempat melekat pada negara Indonesia.

“Indonesia pernah mendapat julukan sebagai Macan Asia yang sangat disegani oleh negara-negara lain, bukan tanpa dasar, kekuatan Indonesia sangat diperhitungkan di dunia internasional mulai dari ekonomi, sumberdaya alam, kekuatan tempur dan pertahanan,” kata Rudy di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Ia ingin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023, dapat menjadi ajang pembuktian bagi Indonesia untuk kembali merebut julukan Macan Asia dan mendorong kebangkitan ASEAN di kancah dunia.

Baca juga: Mahfud MD: ASEAN akan deklarasikan komitmen bersama pemberantasan perdagangan manusia

“Penting bagi Indonesia selaku pemegang keketuaan dan Chairmanship ASEAN 2023 untuk mendorong kebangkitan ASEAN di kancah global melalui pemulihan ekonomi pasca pandemi dan penyelesaian ketegangan Geopolitik di kawasan indo-fasifik yang menjadi fokus isu,” papar Rudy.

Rudy berharap, dalam KKT ASEAN ke-42 yang bertemakan Asians Matters Epicentrum of Growth itu, Indonesia mampu mewujudkan kemampuannya sebagai forum untuk menyelesaikan isu regional.

“Saya yakin bisa karena sebelumnya Indonesia telah membuktikan melalui presidensi Indonesia pada KTT G20 di Bali,” jelas Rudy.

Baca juga: Menkominfo ajak jurnalis dan media sebarluaskan Informasi KTT ke-42 ASEAN

Politisi partai Gerindra itu merasa optimistis, di bawah kepemimpinan presiden Joko Widodo, KTT ASEAN 2023 akan sukses membawa ASEAN tumbuh secara pesat.

“ASEAN akan terus bertumbuh dan berkontribusi besar bagi kawasan serta dunia. Kepemimpinan Indonesia membuktikan semangat kebersamaan dalam menyelesaikan tantangan global, mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai macan Asia,” jelas Rudy.

Kata Rudy, kembalinya julukan Macan Asia merupakan salah satu tujuan utama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto agar Indonesia kembali disegani dunia.

Baca juga: BSSN sebut koordinasi dan kolaborasi kunci pengamanan siber KTT ke-42 ASEAN

“Ini adalah nadi dan nafas perjuangan Prabowo Subianto sebagai kesatria pengawal Macan Asia. Optimisme presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto perlu didukung penuh oleh masyarakat Indonesia agar Indonesia menjadi negara yang disegani bangsa lain,” papar Rudy.

“Dan, Indonesia aman, adil dan makmur bisa terwujud,” tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023