Perusahaan perniagaan daring Tokopedia menyediakan program "Inisiatif Hyperlocal" untuk membantu penjual dan pembeli lebih terhubung sehingga memudahkan proses jual beli dan mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital.

"'Inisiatif Hyperlocal' merupakan kombinasi upaya kita untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital. Harapannya kita bisa jadi jembatan yang menghubungkan penjual di satu sisi bisa mendapatkan dan menjangkau pasar yang lebih luas di sisi lain pembeli bisa mendapatkan akses terhadap barang dan jasa yang lebih baik, cepat, dan merata," kata Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, pada acara konferensi pers di Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa.

Baca juga: Tokopedia-OJK luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM

Ekhel menjelaskan ada beberapa program turunan yang disediakan oleh "Inisiatif Hyperlocal" yang digagas oleh Tokopedia seperti "Kumpulan Toko Pilihan" (KTP) yaitu halaman kurasi berbagai toko lokal yang dapat memudahkan konsumen untuk membeli produk dari penjual yang lokasinya berada di sekitar konsumen. "Kumpulan Toko Pilihan" memberikan kemudahan bagi penjual yang ingin menjangkau pasar wilayah di sekitarnya serta bagi pembeli bisa mendapatkan produk lebih cepat karena dikirimkan dari toko yang lokasinya dekat dengan pembeli tersebut.

Selain "Kumpulan Toko Pilihan", Tokopedia juga menyediakan layanan "Dilayani Tokopedia". Layanan ini merupakan inovasi teknologi yang dihadirkan Tokopedia untuk memberikan wawasan dan kemudahan kepada penjual dalam bentuk paparan analisis data raksasa (big data analytic) terkait proses pergudangan, logistik, pengemasan, hingga pengiriman hingga ke tangan pembeli yang dikelola oleh Tokopedia.

Baca juga: Gojek dan Tokopedia merger bentuk Grup GoTo

Melalui data yang disediakan Tokopedia dan layanan "Dilayani Tokopedia", Ekhel berharap menjadi salah satu alternatif bagi penjual untuk membantu dalam menjangkau konsumen.

Dengan mengetahui data permintaan produk yang didapatkan dari Tokopedia, penjual jadi dapat mengatur jumlah stok barang untuk kebutuhan daerah tertentu sehingga ketika ada permintaan dari konsumen barang dapat tersedia dan lebih cepat diantarkan karena barang dikirim dari gudang Tokopedia terdekat dari pembeli.

Ekhel berharap Tokopedia dapat menelurkan inovasi yang relevan dan membantu bagi pembeli dan penjual.
 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023