Karawang (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Karawang meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperhatikan dan ikut menjaga lingkungan di wilayah Karawang selatan dari berbagai jenis kegiatan pertambangan.

Bupati Cellica Nurrachadiana, di Karawang, Kamis, mengatakan di antara bentuk perhatian itu, Pemprov Jabar tidak mengeluarkan lagi kegiatan usaha pertambangan di sekitar Karawang selatan.

"Kami akan mengirimkan surat ke Pemprov Jabar agar tidak lagi mengizinkan usaha pertambangan di wilayah Karawang selatan yang meliputi Kecamatan Pangkalan, Tegalwaru dan sekitar kawasan Gunung Sanggabuana," kata dia.

Ia menyatakan, dilihat dari potensinya, wilayah Karawang selatan lebih layak untuk dijadikan kawasan wisata alam, dibandingkan menjadikannya sebagai wilayah kegiatan usaha pertambangan.

Menurut dia, saat ini kondisi daerah sekitar Karawang selatan terancam, karena cukup marak kegiatan pertambangan di daerah itu.

"Kalau dihitung-hitung, pertambangan tidak memberikan keuntungan apa pun. Jadi lebih baik dijadikan daerah wisata yang akan membawa keuntungan bagi masyarakat," kata dia.

Bupati mengaku akan ada sejumlah rencana terkait dibukanya wilayah Karawang selatan sebagai objek wisata alam. Tapi sayangnya, cukup marak kegiatan pertambangan di daerah itu.

"Untuk izin pertambangan ada di pemprov. Jadi, kita berharap kebijakannya tidak bentrok dengan rencana pengembangan objek wisata di wilayah pertambangan Karawang selatan," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016