Bogor (Antara Megapolitan) - Bupati Bogor Nurhayanti mengaku optimistis dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat dapat mendorong sektor ekonomi kerakyatan.

"Sesuai dengan empat sukses yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat, PON XIX harus sukses administrasi, sukses penyelenggaran, sukses prestasi dan sukses ekonomi," kata Nurhayanti usai kirab Api PON XIX, di Cibinong, Selasa.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan sukses ekonomi, Pemerintah Kabupaten Bogor akan menggelar kegiatan bazar, dan gebyar PON yang melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat. Akan ada 40 stan gratis bali pelaku usaha, khususnya masyarakat tingkat ekonomi lemah.

"Pedagang-pedagang kecil, UMKM dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk meningkatkan usahanya, dalam kegiatan bazar dan gebyar PON, kita gratiskan," katanya.

Menurutnya, penyelenggaraan bazar akan dikoordinasikan dengan organisasi penyelenggaran, sementara ada juga stan BUMN dan BUMD yang dilibatkan, tetapi tetap dipungut uang sewa sesuai aturannya.

"Penyelenggara juga akan mengundang para sponsor atau industri terkait produk olahraga untuk ikut dalam kegiatan bazar dan gebyar PON ini, mereka datang dari wilayah Jabodetabek maupun luar Jawa," katanya.

Kabupaten Bogor terpilih sebagai salah satu dari 15 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan PON XIX untuk tiga cabang sekaligus yakni drumband diikuti delapan provinsi, sepak bola diikuti empat provinsi dan atletik dengan jumlah kontingen terbanyak yakni dari 34 provinsi.

Perebutan medali emas sudah dipertandingkan mulai 14 September besok, yakni tiga hari sebelum pembukaan, yakni cabang drumband yang akan dilangsungkan di lokasi yakni Stadion Pakansari.

Untuk hari pertama, jadwal pertandingan drumband untuk nomor Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) putri jarak 2 KM berlangsung pagi 08.00 WIB sampai selesai. Lalu LKKB Putra jarak 4 KM dimulai pukul 15.00 WIB.

Pertandingan berikutnya dari cabang Sepak bola antara Jawa Barat melawan Jawa Tengah berlangsung pukul 15.30 WIB di Stadion Pakansari. Lalu dilanjutkan DKI Jakarta melawan Bali pukul 19.00 WIB.

Cabang sepak bola diikuti oleh empat provinsi yang tergabung dalam grup A. Kabupaten Bogor menjadi penyelenggara pertandingan untuk babak penyisihan grup A yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali dan Jawa Tengah.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016