PT Pasadena Biofuels Mandiri resmi mengoperasikan secara komersial Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Ujung Batu berkapasitas 3x1 megawatt(MW) yang berlokasi di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, sejak Rabu (3/5).

Pengembang swasta PLTBg pertama di Riau itu beroperasi secara komersial setelah dilakukan penandatanganan berita acara pengoperasian secara komersial PLTBg Ujung Batu antara PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau dengan PT Pasadena Biofuels Mandiri. 

Direktur Utama PT Pasadena Biofuels Mandiri Edmond Widjaja di Jakarta, Kamis mengatakan Biodena Energy Group berkomitmen terus mendukung PLN dalam meningkatkan bauran energi hijau. 

"Kami berharap PLTBg ini dapat meningkatkan bauran energi bersih di tanah air sehingga berkontribusi dalam mewujudkan target pemerintah untuk mencapai net zero emission," kata Edmond.

Adapun Pasadena Biofuels Mandiri merupakan bagian dari Biodena Energy Group yang berkecimpung dan fokus pada pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dan upaya penurunan emisi karbon (dekarbonisasi).

PLTBg Ujung Batu memanfaatkan limbah palm oil mill effluent (POME) atau limbah cair dari pabrik minyak kelapa sawit milik PT Rohul Sawit Industri. Dengan menggunakan teknologi pengolahan secara anaerobik, limbah cair kelapa sawit tersebut diolah menjadi energi biogas.
 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023