Sukabumi (Antara Megapolitan) - Tiket kereta api Pangrango jurusan Bogor-Sukabumi hingga saat ini sudah habis terjual dan dipesan oleh para pemudik yang berasal dari Bogor untuk merayakan Idul Adha 1437 H di Sukabumi, Jawa Barat.

"Banyak warga yang memanfaatkan libur panjang Idul Adha ini untuk pulang ke Sukabum, sehingga tiket KA Pangrango dari Bogor sudah ludes terjual," kata Kepala Stasion Sukabumi Heru Salam di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, untuk keberangkatan dari Sukabumi menuju Bogor belum mencapai 100 persen hingga perayaan Idul Adha atau baru terisi sekitar 80 persen sehingga masih tersisa sekitar 50 tempat duduk (seat) lagi, tetapi jumlah tersebut bisa saja berubah kapan pun.

Lanjut dia, KA Pangrango ini memiliki lima gerbong penumpang dengan rincian empat gerbong merupakan kelas ekonomi dengan daya tampung sebanyak 416 seat atau masing-masing gerbong 104 seat. Sedangkan kelas eksekutif sebanyak 50 tempat duduk.

Kemungkinan, lebih banyaknya tiket yang terjual di Bogor ini karena banyak warg Sukabumi baik yang bekerja maupun tinggal di daerah Bogor memilih untuk pulang ke kampung halamannya di sini.

"Untuk harga tiket tidak ada perubahan dengan hari biasa yakni untuk kelas ekonomi seharga Rp20 ribu dan eksekutif Rp50 ribu/penumpang," tambahnya.

Selain melayani rute Sukabumi-Bogor, stasion ini juga melayani rute Sukabumi-Cianjur dengan menggunakan KA Siliwangi yang gerbongnya sebanyak empat unit. Pada jurusan ini PT KAI menambah seat sebanyak 150 seat untuk melayani para penumpang yang akan ke Cianjur pada libur panjang keagamaan ini.

"Untuk tarifnya Rp3 ribu/penumpang karena masih mendapatkan subsidi dari pemerintah pusat. Dan hingga kini pemesanan maupun pembelian tiket KA jurusan Sukabumi-Cianjur masih normal kecuali Sabtu dan Minggu," kata Heru.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016