Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis, melantik 32 kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 12 Maret 2023.

"Pemilihan dilaksanakan di 36 desa se-Kabupaten Bogor, hari ini sebanyak 32 orang kepala desa terpilih dilantik, dengan komposisi jumlah kepala desa laki-laki sebanyak 28 orang dan perempuan sebanyak empat orang," kata Iwan.

Ia menjelaskan, sebanyak empat kepala desa terpilih lainnya akan dilantik Pemerintah Kabupaten Bogor setelah masa jabatan kepala desa sebelumnya selesai.

Ia mengingatkan kepada para kades yang dilantik untuk membangun wilayahnya masing-masing menjadi lebih baik. Kemudian, memberikan pelayanan yang maksimal ke masyarakat tanpa tebang pilih.

"Layani semua, peserta pesta demokrasi ini sudah selesai. Ibarat pertandingan bola penonton sudah bubar piala sudah diberikan. Setelah itu kembali sebagai warga dan sebagai kepala desa. Fokus terhadap pelayanan kepada masyarakat saya minta itu," ujar Iwan. 

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah menjelaskan bahwa empat kepala desa terpilih lainnya akan dilantik pada 18 Mei 2023.

DPMD Kabupaten Bogor akan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) dan pelatihan kepada para kepala desa yang telah dilantik agar mampu mengelola jalannya pemerintahan tingkat desa. 

"Setelah pelantikan ini, DPMD merancang kegiatan bimtek untuk peningkatan kapasitas, yang akan diisi oleh seluruh Forkopimda. Materi yang akan diberi tentang program penyelenggaraan kegiatan pemerintahan," tuturnya.

Baca juga: Plt Bupati Bogor minta para kades maklum lambatnya pencairan ADD 2023

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023