Pemilir masih memenuhi Stasiun Gambir Jakarta pada H+4 Lebaran, Rabu, dengan memanfaatkan program tarif rendah diberikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk keberangkatan hingga 3 Mei 2023.
 
"Hari ini volume penumpang yang berangkat di Stasiun Gambir mencapai 11.000 dengan layanan 38 kereta api (KA) yang beroperasi, masyarakat dapat memanfaatkan program tarif rendah untuk keberangkatan hingga 3 Mei," kata Kepala Hubungan Masyarakat Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Rabu.
 
Program tarif rendah yang diberlakukan PT KAI berlaku untuk kelas ekonomi hingga eksekutif dengan tarif terendah untuk kelas ekonomi mulai dari Rp150.000, eksekutif Rp330.000, dan bisnis Rp280.000.
 
Baca juga: KAI sarankan pemudik manfaatkan layanan digital
 
Khusus relasi dari Stasiun Gambir, KA Sembrani kelas eksekutif dengan tujuan Surabaya Pasar Turi keberangkatan Jumat (28/4) misalnya, dijual mulai harga Rp640.000, lebih murah dari harga normal yang biasanya Rp800 ribu-Rp900 ribu.
 
Relasi Gambir-Yogyakarta untuk KA Sembrani keberangkatan Jumat (28/4) dijual mulai harga Rp440.000.
 
"Program tarif rendah pada arus balik Lebaran ini dalam rangka mendukung imbauan pemerintah agar masyarakat tidak terkonsentrasi melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April saja," tutur Eva.
 
Baca juga: Said Aqil: Hingga kini KA angkutan Lebaran "zero accident"
Ia melanjutkan per hari ini ada sekitar 30.000 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, khusus Stasiun Gambir 11.000 pemudik yang berangkat dengan layanan 38 KA beroperasi. Jumlah tersebut masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan pada masa normal.
 
Sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit pemilir, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.
 
Ia mengatakan ketersediaan tempat duduk Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) ke berbagai tujuan keberangkatan dari Daop 1 Jakarta untuk tanggal 27 April-3 Mei tersisa sekitar 173 ribu tempat duduk.

Baca juga: KAI berangkatkan 2.936 penumpang relasi Bogor-Sukabumi

Untuk itu, masyarakat yang ingin berlibur selama masa cuti atau mudik pada akhir Lebaran dapat segera melakukan pemesanan tiket tarif rendah melalui aplikasi KAI Access, web kai.id dan seluruh kanal penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.
 
Secara total, jadwal keberangkatan 12-26 April 2023 atau H-10 sampai dengan H+3 Lebaran, tercatat sekitar 550 ribu pengguna jasa berangkat menggunakan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada momen Lebaran.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023