Mencegah terjadinya kejahatan pada arus balik lebaran atau Idul Fitri 1444 H, Polres Sukabumi Kota menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) di sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu, (26/4) dini hari.
 
"Kegiatan ini untuk memberikan rasa aman kepada warga khususnya pada pemudik yang melintas di jalur balik Lebaran Kota Sukabumi," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo di Sukabumi, Rabu.
 
Menurut Ari yang memimpin langsung KRYD dalam upaya preventif dengan berpatroli menggunakan sepeda motor ke beberapa ruas jalan protokol hingga jalan desa dan permukiman di wilayah hukum Polres Kota Sukabumi dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan jalanan.

Baca juga: 10 pelaku pungli di kawasan wisata UGGCP Sukabumi ditangkap Tim Saber Pungli

Bahkan, untuk memastikan keamanan warga dirinya dan jajarannya seringkali berhenti untuk berdialog dengan masyarakat serta melakukan pemeriksaan kepada sekelompok pemuda yang nongkrong di beberapa ruas jalan protokol di Kota Sukabumi.
 
Orang nomor satu di Polres Sukabumi Kota ini berharap pada arus balik ini tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti terjadinya aksi kejahatan kepada pemudik yang hendak pulang ke daerah asalnya baik dari maupun hanya melintas di wilayah Kota Sukabumi.
 
Kemudian KRYD ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas serta kejahatan jalanan pada malam hari serta untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas pasca libur Lebaran.

Baca juga: Polres Sukabumi tangkap pemuda pelaku percobaan pembunuhan tetangganya
Sementara, Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih mengatakan operasi yang dilakukan pihaknya ini karena banyak masyarakat yang masih libur dan belum beraktifitas seperti biasa, makanya kegiatan ini dilakukan untuk memelihara kondusifitas kamtibmas.
 
Adapun cara bertindak yang dilakukan jajaran Polres Sukabumi Kota yakni melaksanakan berdialog dengan masyarakat untuk menyerap informasi kamtibmas sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap sekelompok pemuda yang masih nongkrong di beberapa ruas jalan, padahal waktu sudah memasuki dini hari

Baca juga: Polres Sukabumi berlakukan satu arah atasi kepadatan arus balik kendaraan wisatawan

Tentunya apa yang dilakukan Polres Sukabumi Kota untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang sedang beraktifitas di malam hari, apalagi saat ini masih suasana Idul Fitri.
 
Polisi pun memberikan imbauan kepada masyarakat jika memang tidak ada hal mendesak, ada baiknya tidak nongkrong hingga larut malam serta mengajak menciptakan Kota Sukabumi menjadi kota yang disiplin dan kondusif.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023