Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, memastikan bahwa seluruh petugas Operasi Ketupat Lodaya 2023 siaga di seluruh penjuru Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama libur Lebaran 1444 Hijriah.

"Alhamdulillah dari wilayah tengah, timur, barat, selatan, petugas sudah siap siaga mengamankan dan melancarkan bagi masyarakat yang mudik," ujarnya saat meninjau pengamanan di pos Simpang Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat pada Jumat malam.

Menurutnya, di wilayah selatan khususnya Kawasan Puncak, pengamanan dilakukan lebih ekstra, terlebih setelah hari raya Idul Fitri. Karena kawasan wisata puncak kerap padati para wisatawan saat libur Lebaran.

Baca juga: 1.500 personel gabungan terlibat Operasi Ketupat Lodaya 2023 di Bogor

"Daerah Bogor selatan ini pengamanannya lebih ekstra pada H+1 sampai H+10, karena tingkat okupansi atau kunjungan kendaraannya membeludak," ungkapnya.

Iwan menyebutkan, hingga kini jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak relatif belum banyak. Berdasarkan data kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Ciawi dari arah Jakarta, tercatat ada sekitar 30 ribu kendaraan melintas sejak H-7 Lebaran.

Di samping itu, kata dia, hingga kini pelaksanaan malam takbir di Kabupaten Bogor masih kondusif dari kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan tawuran, seperti misalnya takbir keliling.

"Takbir keliling dari Kapolda sudah melarang, mudah-mudahan di Bogor tidak ada takbir keliling. Walaupun ada sifatnya tidak terorganisir, kami mengimbau untuk ikuti aturan dari Kapolda," kata Iwan.

Baca juga: Polres Bogor siapkan 1.049 personel bantu kelancaran arus mudik

Sebelumnya, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin menjelaskan, sedikitnya ada 2.700 personel gabungan yang disiagakan untuk terlibat pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di wilayah Kabupaten Bogor.

Operasi Ketupat Lodaya, kata dia, akan dilaksanakan selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023.

Iman mengatakan, ada 20 pos pengamanan yang masing-masing diisi oleh personel gabungan dari TNI, Polri, unsur Pemerintah Kabupaten Bogor, dan stakeholder terkait lainnya.

Baca juga: 12 kades di Megamendung Bogor bergiliran piket Operasi Ketupat Lodaya 2022

"Semua bahu-membahu melaksanakan operasi Ketupat 2023. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, dan kelancaran bagi para pemudik dan pengunjung tempat wisata," kata Iman.

Kabupaten Bogor, kata dia, banyak memiliki lokasi tujuan wisata, sehingga pihaknya juga akan mewaspadai peningkatan jumlah pengunjung di setiap destinasi wisata yang ada.

"Kami sudah menggelar berbagai alternatif, baik jalur-jalur alternatif maupun metode pengamanan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat saat berwisata,” paparnya.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023