Forum Studi Islam (Fusi) bersama Iluni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyemarakkan Ramadhan di kampus untuk menjaga solidaritas nasional bersama ribuan 5000 Yatim-Dhuafa di Jabodetabek. 

Kegiatan Gradasi FTUI ini mengangkat tema “Rindu kampung Ramadhan Teknik”, sebuah rangkaian kegiatan dalam upaya menghidupkan Ramadhan dilingkungan FTUI dan sivitasnya dalam bentuk kolaborasi FUSI FTUI, ILUNI FTUI juga ILUNI Departemen dari kalangan alumni. 

Ketua Pelaksana Gradasi Syafiq di Kampus UI Depok, Minggu menjelaskan bahwa kegiatan ini telah mampu menghadirkan keceriaan keharuan, dan motivasi berprestasi bagi para Yatim Dhuafadimana santunan ini sendiri berhasil menghimpun Rp101.771.497,- yang dibelikan paket alat sekolah, alat ibadah hingga uang saku bagi masing-masing penerima. 

Kegiatan penghimpunan santunan yang melibatkan ribuan alumni FTUI sepanjang Ramadhan ini merupakan tradisi tahunan yang cukup seru dan semarak mengingat Panitia bersama Ikatan Alumni(ILUNI) FTUI berhasil menghadirkan suasana “Berlomba dalam kebaikan” dengan ajakan berdonasi melalui berbagai saluran Sosial media ditingkat Fakultas, Jurusan/Departemen hingga masing-masing angkatan. 

Yang menjadi pemicu keseruan perlombaan dalam kebaikan ini adalah diumumkannya secara berkala oleh masing-masing admin/Ketua Iluni Departemen berupa perolehan sementara/klasemen donasi yang telah terkumpul hingga melahirkan suasana kompetitif antar jurusan/angkatan yang menyenangkan.

Dikala donasi yang dihimpun telah mencapai masa akhir pengumpulannya, maka sekaligus menjadi momen pelaksanaan distribusi dan temu wajah antara alumni-mahasiswa-dosen-staf-dengan para Yatim Dhuafa yang dihadirkan ke kapus UI tersebut. 

Ada suasana haru, bahagia sekaligus bangga pada adik-adik yang tinggal diberbagi Panti Asuhan ini. Bahwa Allah swt menciptakan kita berbangsa-berbagai suku untuk saling mengenal-membantu dan berlomba dalam kebaikan (QS Al Hujurat 13), sebagaimana disampaikan Fikri sang Ketua FUSI FTUI sekaligus Penanggung Jawab kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan games, panggung dongeng hingga Door Prize berhadiah sepeda bagi adik-adik Yatim Dhuafa berlangsung seru dan larut dalam kehangatan persaudaraan. Sementara sesi jamuan makan malam disediakan oleh pedagang kantin di Fakultas Teknik UI, sebuah pemandangan dan kolaborasi yang seru dan memberdayakan.  

Sekjen ILUNI FTUI Dr Andy Tirta yang hadir bersama para Ketua ILUNI Departemen/Jurusan Sipil, Mesin, Elektro, Metalugi & material, Arsitektur, Teknik Kimia, hinga Teknik Industri dilingkungan FTUI ini memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan yang sangat positif ini. 

Ada kebanggan yang begitu besar dari Sekjen baik kepada panitia yang mau berletih-letih saat puasa juga penghargaan dan motivasi setingginya bagi para adik-adik Yatim-Dhuafa yang telah dihadirkan dari Panti Asuhannya masing-masing. 

Semoga Kebersamaan ini selalu abadi, mampu menghadirkan doa penguatan solidaritas dan kepedulian serta munajat kita bersama demi kebaikan dan masa depan generasi.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023