Kapolres Metro Depok Kombes Pol. Ahmad Fuady mengimbau warga yang hendak mudik Lebaran 2023 untuk melapor kepada ketua RT atau RW setempat agar rumah yang mereka tinggal tetap dalam pengawasan.

"Kami imbau kepada warga yang akan mudik untuk melaporkan kepada ketua RT/RW setempat agar dapat dijaga bersama-sama oleh pihak keamanan dan warga," kata Kombes Pol. Ahmad Fuady di Depok, Rabu.

Kombes Pol. Ahmad Fuady mengatakan bahwa pihaknya melalui Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) dan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) akan melakukan patroli rutin di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: 51 persen warga Depok mudik ke kampung halaman

"Kegiatan ini mulai dari 18 April hingga 1 Mei 2023. Untuk itu, kami akan meningkatkan patroli di rumah-rumah yang ditinggal mudik," katanya.

Dengan berpatroli, dia berharap dapat mengantisipasi berbagai tindak kejahatan seperti pencurian.

"Saya berharap pemilik rumah dapat melaporkan kepada RT dan RW sebelum ditinggalkan, agar dapat dijaga," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sedang menyusun titik untuk tempat pos pengamanan (pospam), lengkap dengan personel pengamanannya.

Baca juga: Pemkot Depok larang kendaraan dinas untuk mudik

"Nanti semua dikendalikan dari polres. Polsek-polsek sebagai personel pengamanan di masing-masing wilayahnya," kata dia.

Program yang berjalan tersebut, lanjut dia, merupakan arahan perintah Kapolda. Dalam hal ini, pihaknya akan benar-benar memastikan rumah warga yang ditinggal mudik aman.

Polres Metro Depok juga akan memberdayakan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Pengamanan swakarsa di lingkungan masyarakat perlu digalakkan kembali agar keamanan lingkungan lebih meningkat.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023