Pemerintah Kabupaten Sukabumi di Jawa Barat membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat untuk mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 
"Kami terus berupaya memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM agar bisa terus meningkatkan pendapatannya salah satunya dengan membantu pengurusan sertifikasi halal," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi pada Sabtu.
 
Menurut Marwan, sertifikat halal untuk produk UMKM ini tentunya sangat penting karena sebagai jaminan produk makanan ataupun minuman yang diproduksi oleh para pelaku UMKM itu benar-benar aman, menyehatkan, dan halal.

Baca juga: Pemkab Sukabumi berupaya bangkitkan UMKM melalui Bazar Culinary Ramadhan
Baca juga: Bupati imbau pengusaha SPBU bantu kembangkan UMKM di Kabupaten Sukabumi
 
Harus diakui, saat ini konsumen di Kabupaten Sukabumi sudah cerdas dan selektif dalam memilih produk makanan maupun minuman. Bahkan, beberapa konsumen khususnya yang beragama Islam pun enggan membeli barang tersebut jika dalam kemasannya tidak tercantum logo halal dari MUI.
 
Maka dari itu, pihaknya berharap para pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi untuk segera mengurus sertifikasi halal dan Pemkab Sukabumi tentunya akan membantu memudahkan mendapatkan sertifikat halal asalkan syarat-syaratnya sudah benar-benar lengkap. Seperti yang dilakukan pihaknya belum lama ini yakni menyerahkan 120 sertifikat halal untuk 120 pelaku UMKM di Kecamatan Sukaraja.
 
"Kami berharap produk UMKM Kabupaten Sukabumi semakin banyak yang sudah bersertifikat halal. Tentunya sertifikat halal ini sangat penting bahkan bisa menjadi syarat untuk menembus pasar moderen maupun mancanegara," tambahnya.

Baca juga: Bank Indonesia bantu pelaku UMKM Sukabumi kembangkan usaha melalui PSBI
 
Di sisi lain, untuk membangkitkan bisnis UMKM pascapandemi COVID-19, selain membantu pengurusan sertifikat halal, Pemkab Sukabumi pun meluncurkan program untuk meningkatkan kualitas keahlian sumber daya manusia SDM, khususnya bagi kaum perempuan yakni Program Perempuan Hebat untuk Keluarga Berkualitas (Perahu Kertas).
 
Program bertujuan untuk mendorong perempuan untuk memiliki keahlian tentang UMKM dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing sehingga bisa membantu perekonomian keluarga.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023